Analisis Risiko Kecelakaan Kerja pada Proyek Apartemen Klaska Residence Surabaya

Authors

  • Sipil Unitomo Universitas Dr. Soetomo
  • Maulidya Octaviani Bustamin Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Wisnu Abiarto Nugroho Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Ursula Uba Kuroumang Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n2.p82-89

Keywords:

K3, konstruksi, pengendalian, resiko, SPSS

Abstract

Pada proyek konstruksi pembangunan Apartmen Klaska Residence Surabaya kenyataannya pelaksanaan proyek atau para pekerja sering mengabaikan persyaratan dan peraturan – peraturan dalam Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran bahwa betapa besar resiko yang harus ditanggung oleh tenaga kerja dan perusahannya. Tujuan penelitian ini untuk mengindentifikasi faktor-faktor risiko yang terjadi di lapangan, menganalisa penilaian risiko. Metode penelitian ini menggunakan sampel responden sebanyak 30 orang berpedoman standar AS/NZS 4360 : 2004 Risk Management. Hasil pengolahan data yang dilakukan, 30 risiko terdapat 5 risiko tinggi, 15 risiko sedang dan 10 risiko tinggi. Dari keseluruhan risiko yang terindentifikasi risiko tertinggi yaitu iritasi mata karena cahaya pengelasan yang terlalu silau dengan nilai indeks risiko 16,27, tangan lecet akibat kontak langsung dengan besi dengan nilai risiko dengan nilai indeks risiko 15,66, kaki tersandung besi yang sudah dipasang dengan nilai indeks risiko 15,33, luka bakar akibat terkena percikan api saat pengelasan dengan nilai indeks risiko 13,67, penglihatan dan pernafasan berkurang akibat gumpalan fumes/asap saat proses pengelasan sambungan tiang pancang dengan nilai indeks risiko 13,16. Pengendalian risiko yang dapat dilakukan di lapangan yaitu penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), pemasangan rambu-rambu K3, melakukan safety induction, dan melakukan traffic management oleh pihak safety officer terhadap pekerja.

References

Anwar, Nurul, Fahmi. Farida, Ida. Ismail, Agus. 2014. “Analisis Manajemen Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada pekerjaan Upper Structure Gedung Bertingkat.

Bustamin, M. O., Sujatmiko, B., & Mazaya, N. W. 2022. Penjadwalan Penyelesaian Proyek Revitalisasi Aula Muzdalifah Asrama Haji dengan Menggunakan Sumber Daya Terbatas. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 4(1), 21-27.

Apriyan, J., Setiawan, H., & Ervianto, W. I. 2017. Analisis risiko kecelakaan kerja pada proyek bangunan gedung dengan metode FMEA. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 1(1), 115-123.

Ardan, M. 2015. Analisa Kecelakaan Kerja Proyek Konstruksi Di Kota Medan. ARBITEK: Jurnal Teknik Sipil & Arsitektur, 1(2).

Indrayani, Reny. 2017. “Analisis Resiko Keselamatan Kerja pada Proyek Pengembangan Bandara Internasional Juanda Terminal 2 Surabaya.

M. D. Abdullatif, Faisal. 2013. “Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pembangunan Gedung Green Sedayu Apartemen.

Muhammad, L., Fitriani, H. 2019. “Analisa Risisko Kecelakaan Kerja pada Proyek Pembangunan Jembatan Interchange Akses KTM (Kota Terpadu Mandiri), Palembang-Indrlaya.

Muslim, E.A., Ratnaningsih, A., Sri Sukmawati, S. 2014. “Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Gunawangsa Merr Apartment, Universitas Jember.

Ramli, S. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Pespektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat.

Saragi, Y.R.R. 2011. ”Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) pada Pembangunan Gedung, Universitas HKBP Mommensen, Medan.

Tjakra, B. A. W. S. J., Langi, J. E. C., & Walangitan, D. R. O. 2013. Manajemen Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Pada Proyek Pembangunan Ruko Orlens Fashion Manado.

Wicaksono, I. K dan Singgih, M. L. 2011. “Manajemen Risiko K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) pada Proyek Pembangunan Apartemen Puncak Permai”.Program Studi MMT – ITS. Februari 2009.

Published

2022-12-12
Abstract views: 690 , PDF Downloads: 878 , PDF Downloads: 55