Karakteristik Campuran Asphalt Concrete – Binder Course pada Paket Pembangunan Jalan Sumberjo Sidodadi Jember

Authors

  • Rudy Santosa Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Bambang Sujatmiko Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Dhevin Baswara Hendatama Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n1.p34-41

Keywords:

Karakteristik AC-BC; kadar aspal; marshal

Abstract

Karakteristik campuran asphalt concerte – binder course dengan sumber material yang berasal dari quarry di wilayah kecamatan pakusari kabupaten Jember, pada tahun ini terdapat paket pembangunan jalan Sumberjo – Sidodadi di kabupaten jember. Untuk produksi aspal beton yang digunakan di AMP PT. Gunung Kelabat Citra Abadi dengan jenis aspal Pertamina Pen.60/70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik campuran asphalt concerte binder course pada paket pembangunan jalan sumberjo – sidodadi. Ditinjau dari nilai Stabilitas Marshall, kepadatan(density), kelehan(flow), VIM(Void In Mix), VMA(Void In Mineral Aggregate), VFB(Void Filled Bitumen) dan Marshall Quatient. Eksperimen ini menggunakan metode pengujian campuran aspal panas(Hot Mix) Marshall. Penelitian ini terdiri dari 5 varian , masing masing varian menggunakan kadar aspal yang berbeda yaitu: 4,5%, 5%, 5,5%, 6% dan 6,5%. Dengan masing masing varian dibuat 3 sampel benda uji. Hasil dari penelitian ini adalah kadar aspal optimum 5,5% dengan hasil nilai Density 2,304 gr/cc, VMA sebesar 15,6%, nilai VFB sebesar 70,75%, nilai VIM sebesar 4,56%, stabilitas Marshall 1142 kg dan nilai flow 3,5mm.

References

AASHTO, 2008. American Association Of State Highway and Transportation Officials, Twenty- Eighth Edition : Washington D.C.

Abd.Rahim nurdin. 2017. Analisis karakteristik campuran aspal panas (ab-bc) dengan menggunakan limbah AMP (over flow) sebagai agregat kasar akibat vaiasi durasi perendaman. Universitas Bosowa, Sulawesi selatan.

Hermon Frederik Tambunan , Febi Pitriani. 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan bahan zeolit terhadap karakteristik parameter Marshall pada lapis Asphaltic Concrete Binder Course (AC- BC). Institut Teknologi Sumatera, Lampung.

Ika Sulianti, M.Sazili Harnawansyah , Merry Andika Putri , Abdul Haris Chudori. 2019. Pengaruh limbah plastik ldpe terhadap campuran asphalt concrete– base course (ac– bc) dengan metode marshall. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Syaifullah Ali, Mukhlis, Lusyana, Fauna Adibroto, Enita suardi. 2019. Karakteristik Marshall Campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC- BC) Yang Mengandung Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Agregat Kasar. Politeknik Negeri Padang , Sumatera Barat.

Winayati, Fadrizal Lubis. 2018. Analisis karakteristik marshall campuran ac-bc menggunakan filler abu tandan sawit dan abu batu. Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.

SNI 1970. 2016. Metode Uji Berat Jenis dan Penyerapan Air Agregat Halus: Badan Standardisasi Nasional.

SNI ASTM C136. 2012. Metode uji untuk analisis saringan agregat halus dan agregat kasarI: Badan Standardisasi Nasional

Triyatno, D., Cahyo, Y., Ridwan, A., & Karisma, D. A. (2021). Penelitian Campuran Aspal Beton Dengan Menggunakan Filler Ampas Tahu. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(1), 40-45.

Published

2022-06-06
Abstract views: 116 , PDF Downloads: 533 , PDF Downloads: 41