Studi Perilaku Dinding Geser Pelat Baja Berlubang dengan Pembebanan Siklik

Authors

  • Mochamad Ridwan Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n1.p28-33

Keywords:

Dinding geser pelat baja; pelat; perforasi; abaqus 6.10

Abstract

Sebuah dinding geser pelat baja Steel Plate Shear Wall (SPSW) adalah struktur yang terbuat dari baja dimana bertugas untuk menahan beban lateral yang terdiri dari tiga komponen, yaitu pelat/panel baja, balok baja yang disebut sebagai horizontal boundary elements (HBE) dan kolom baja yang disebut vertical boudary elements (VBE). SPSW ada beberapa model diantaranya SPSW panel solid dan SPSW panel perforasi. SPSW perforasi membutuhkan dimensi kolom dan balok yang lebih kecil dari SPSW solid untuk menahan gaya axial dan momen guling yang terjadi. Hal ini dikareakan SPSW perforasi lebih elastis dibanding SPSW solid. SPSW perforasi pada plat baja dilakukan untuk mengurangi kekuatan, sehingg memungkinkan penggunaan pelat yang lebih tebal guna meningkatkan kekakuan dan kapasitas disipasi energi tanpa memperbesar ukuran dari HBE dan VBE. SPSW perforasi pada studi ini menggunkan metode penempatan lubang pada SPSW perforations along the plate diagonal. Pendekatan ini terdiri dari 3 variasi model perforasi diantaranya lubang lingkaran, segi empat, dan segi enam berada pada sepanjang diagonal dari pelat baja. Studi SPSW perforasi ini ditujukan untuk mendapatkan model perforasi yang paling efektif ditinjau dari load carrying capacity, top displacement, hysteresis curves dan failure mode. Dalam proses Analisa dan pemodelan simulasinya akan menggunakan software program bantu Abaqus 6.10

References

Amania, A. and Sarie, F., 2021. Pengaruh Penambahan Pasir Sirkon, Abu Kayu Dan Fly Ash Pada Tanah Lempung Terhadap Daya Dukung Dan Kuat Geser Tanah. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(2), pp.63-70.

Berman, J. dan Bruneau, M. 2003. “Plastic Analysis and Design of Steel Plate Shear Walls”, Journal of Structural Engineering, ASCE, Vol. 129, No. 11.

Berman, J. dan Bruneau, M. 2005. “Experimental Investigation of Light-Gauge Steel Plate Shear”, ASCE Journal of Structural Engineering, Vol. 131, No. 2.

Berman, J. dan Bruneau, M. 2011. “Seismic Behavior of Code designed Steel Plate Shear Walls”, Engineering Structures, No. 33, hal. 230-244.

CAN/CSA S16-01, “Limit States Design of Steel Structures”, published by Canadian Standards Association.

Driver, R. dan Kulak, G. 1998. “Cyclic Test of Four-Story Steel Plate Shear Wall”, Journal of Structural Engineering, ASCE, Vol. 124, No. 2.

Koppal, M. 2012. Computational Investigation of Tunable Steel Plate Shear Walls for Improved Seismic Resistance, Tesis Master, Polytechnic Institute and State University, Blacsburg.

Robert, T. dan Ghomi, S. 1992. “Hysteretic Characteristics of Unstiffened Plate Shear Panels”, Thin-Walled Structures, Elsevier Science Publishers, Great Britian.

Similia. 2010. – ABAQUS 6. 10 user manual.

Vian, D. dan Bruneau, M. 2005. “Steel Plate Shear Walls for Seismic Design and Retrofit of Building Structures”, MCEER Report -05-0010.

Wang, M. dan Yang, W. 2015.”Seismic Behaviors of Steel Plate Shear Wall Structures With Costruction Details and Materials”, Journal of Constructional Steel Research, No. 107, hal. 194-210.

Published

2022-06-06
Abstract views: 345 , PDF Downloads: 286 , PDF Downloads: 64