Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Cost Overrun pada Proyek Konstruksi Gedung di Surabaya

Authors

  • Bagus Dwipurwanto Universitas Bhayangkara Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v4n1.p7-13

Keywords:

Cost overrun; proyek konstruksi gedung; uji korelasi

Abstract

Proyek konstruksi merupakan rangkaian kegiatan dengan titik awal dan titik akhir yang menghasilkan hasil tertentu seperti konstruksi bangunan gedung. Perkembangan industri konstruksi berhubungan erat dengan pelaksanaan pembangunan di segala bidang yang saat ini masih terus giat dilaksanakan. Faktor biaya merupakan bahan pertimbangan utama dalam penyelenggaraan konstruksi, sehingga biaya proyek harus dikelola dengan baik untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya cost overrun. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan cost overrun pada proyek konstruksi gedung di Surabaya. Selain itu, uji korelasi juga dilakukanpada penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antar faktor penyebab cost overrun. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa 5 sub faktor penyebab terjadinya cost overrun pada proyek konstruksi gedung di Surabaya  adalah penjadwalan yang kurang baik, kurangnya koordinasi antara kontraktor utama dan sub kontraktor, adanya masalah pendanaan dari owner, terlalu banyak pengulangan pekerjaan karena mutu yang kurang baik dan keterlambatan jadwal. 5 sub faktor tersebut merupakan bagian dari faktor Pelaksanaan dan Hubungan Kerja (X2), Keuangan Proyek (X7) dan Waktu Pelaksanaan (X8) yang mana ketiga faktor tersebut terbukti saling berkorelasi signifikan.

References

Agustin, S., & Firmanto, A., 2020, “Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Ruko dan GudangMitra 10 Lampung”. Jurnal Konstruksi. Vol.6 No.6 Apr.

Bukhori, B., 2018, “Faktor-faktor yang Menyebabkan Pembengkakan Biaya pada Konstruksi Gedung di Kota Cirebon”, LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon. Vol. 22 No.1 Apr.

Darmanto, B., Widjayakusuma, J., & Simanjuntak, M., 2020, “Identifikasi Faktor-Faktor yang Menyebabkan Cost Overrun pada Konstruksi Gedung Bertingkat”. Seminar Nasional Teknik Sipil X, Surakarta.

Hanusz, Z., Tarasinska, J., & Zielinski, W., 2016, “Shapiro-Wilk test with known mean”. REVSTAT-Statistical Journal.Vol.14 No.1 Feb.

Paparang, T., Walangitan, D. R., & Pratasis, P. A, 2018, “Identifikasi Faktor Penyebab Cost Overrun Biaya Pada Proyek Terminal Antar-Kabupaten-Propinsi Tangkoko Bitung. Jurnal Sipil Statik. Vol.6 No.10 Okt.

Saputra, D. A., Iriana, R. T. K., & Sebayang, M, 2018, “Analisis Faktor Dominan Penyebab Terjadinya Pembengkakan Biaya (Cost Overrun) pada Proyek Konstruksi Gedung Pemerintah di Kota Pekanbaru”. (Doctoral dissertation, Riau University). Jom FTEKNIK. Vol. 5 No.1 Apr.

Sari, M. M., Hadi, T. S. & Aldiansyah, 2020, “Faktor Penyebab Pembengkakan Biaya yang Berpengaruh terhadap Biaya Akhir pada Proyek Konstruksi Gedung”. Jurnal Infrastruktur. Vol. 6 No.1 Apr.

Sudarman, 2015, “Pengantar Statistik Pendidikan”, Mulawarman University Press. Indonesia.

Yudihartanti, Y., 2018, “Penentuan Hubungan Mata Kuliah Penelitian Dan Tugas Akhir Dengan Korelasi Rank Spearman”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol.6 No.3 Des.

Sa'adah, N. and Rijanto, T., 2021. Evaluasi Proyek Pembangunan Gedung Stroke Center (Paviliun Flamboyan) Menggunakan Metode Critical Path Method (CPM) Dan Crashing. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(2), pp.55-62.

Published

2022-06-06
Abstract views: 279 , PDF Downloads: 231 , PDF Downloads: 48