Studi Perencanaan Simpang Koordinasi Jl. Dr. Soetomo Jl. RA. Kartini Jl. Pandegiling di Kota Surabaya

Authors

  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • R Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Ardy Ferdianto Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v3n1.p20-27

Keywords:

Koordinasi simpang bersinyal, waktu siklus, detik hijau, derajat kejenuhan

Abstract

Permasalahan persimpangan terjadi pada beberapa ruas jalan yang memiliki banyak persimpangan, ditambah dengan jarak antar simpang yang pendek adalah kendaraan harus berhenti pada tiap simpang karena mendapat sinyal merah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil rekayasa waktu siklus pada setiap lengan simpang yang menghubungkan Jl. Dr. Soetomo, Jl. RA. Kartini dan Jl. Pandegiling. Untuk mengetahui koordinasi antar simpang empat Jl. Dr. Soetomo dengan simpang Jl. RA Kartini dan  simpang Jl. Pandegiling yang selama ini mengakibatkan tundaan yang panjang di Jalan Raya Darmo. Metode analisis data menggunkan metode yaitu dengan melakukan perhitungan analisis kinerja pada simpang koordinasi baik pada kondisi eksisting ataupun setelah dilakukan rekayasa lalu lintas. Semua perhitungan  yang  dilakukan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia  (MKJI)  tahun 1997. Setelah dilakukannya perencanaan ke empat maka nilai rata-rata simpang untuk DS turun menjadi 0,857,  QL turun menjadi 353 meter dan tundaan turun menjadi 75 detik. Nilai offset pada simpang 1 dan 2 ialah 24 detik, pada simpang 2 dan 3 ialah 27 detik, dan pada simpang 1 dan 3 ialah 51. Untuk bendwidth didapat 170 detik hijau pada setiap simpang.

References

<p>Alvinsyah &amp; Soehodho, S. 1997. Dasar ” Dasar Sistem Transportasi, Laboratorium Transportasi Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Jakarta.</p><p>Arifin, J. &amp; Fauzi, A.. 1999. Mengupas Tuntas Microsoft Excel. 2000. Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.</p><p> Ananto. Setyabudi. 2002. Koordinasi Simpang Bersinyal Simpang Pingit- Jlagran Cokroaminot. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia. Jogjakarta.</p><p>Chitra, A.S.2008.Analisis Koordinasi Sinyal Antar Simpang (Studi Kasus Pada Simpang Jl. Merdeka Jl. RE. Martadinata dan Jl. Merdeka Jl. Aceh Kota Bandung).Institut Teknologi Bandung.</p><p>Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta.</p><p>Emal Z. M. 2010. Analisa dan Koordinasi Sinyal antar Simpang pada Ruas Jalan    Diponegoro Surabaya. Skripsi Sarjana, Jurusan Teknik Sipil, Institute Teknologi Sepuluh November, Surabaya.</p><p>Fitria. Purnayanti. 2013. Koordinasi Simpang Bersinyal Simpang Kentungan-Simpang Monjali, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.</p><p>Hobbs.   F.D.1995.Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas.Yogyakarta:Gadjah   Mada University Press.</p><p>Iskandar. Abubakar 1993. Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Penerbit Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.</p><p>Joni. Hariyanto. 2004. Sistem Pengendalian Lalu Lintas Pada Pertemuan Sebidang. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.</p><p>Wibisono. E. 2020. œAnalisa Dampak Lalu Lintas Jalan Tambak Osowilangun Akibat Pembangunan Teluk Lamong Surabaya, UKaRsT, vol. 4, no. 1, p. 69, 2020, doi: 10.30737/ukarst.v4i1.690.</p>

Downloads

Published

2021-06-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 315 , PDF Downloads: 302