Kajian Awal Perencanaan Lajur Khusus Sepeda Dengan Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) dan SWOT
DOI:
https://doi.org/10.26740/proteksi.v2n2.p41-47Keywords:
Kajian awal lajur khusus sepeda, IPA, SWOTAbstract
Perancangan fasilitas lajur dan jalur sepedaa juga terkait dengan UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang. Berdasarkan aspek legal tersebut, maka terdapat keharusan membangun lajur sepeda (Mulyadi, 2014).
Dalam kajian lajur khusus sepeda terdapat beberapa analysis yaitu Level Of Service (LOS) yang digunakan untuk menilai volume dan kepadatan ruas jalan yang akan digunakan, menentukan nilai kelayakan ruas yang akan ditentukan. Selain Los Of Service LOS terdapat analysis Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk mengukur hubungan antara persepsi konsumen dan prioritas peningkatan kualitas produk/jasa yang dikenal pula sebagai quadrant analysis, lalu menggunakan analysis SWOT yang digunakan untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu kajian ruas jalan.
Dari data analysis diatas mendapatkan nilai LOS baik pada jalan Diponegoro,RA Kartini dan Thamrin, sedangkan untuk analysis IPA terdapat nilai X 3.53, Y 3.76 pada jalan Diponegoro, nilai X 3.48, Y 3.76 pada jalan RA Kartini dan nilai X 3.76, Y 3.82 dijalan Thamrin. Pada analysis SWOT terdapat nilai ancaman yang sangat tinggi berupa kurangnya lahan sehingga tidak ada lahan bagi kendaraan berparkir dan PKL disepanjang jalan serta fasilitas yang kurang lengkap dan memadai.
References
Azhar,Hada Mahadani. 2018. œAnalisis Pengukuran Level Kepuasan Penumpang Pada Tryaek Bus Yogyakarta Denpasar Menggunakan Metode Service Quality Dan Importance Performance Analysis (IPA).Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Undang undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Anagkutan Umum. Sekretariat Negara.Jakarta.
Direktorat Jendral Bina Marga. 1990. Panduan Penentuan Klasifikasi Fungsi Jalan Di Wilayah Perkotaan.Jakarta
Hikaman, Asep Akbar dkk. 2014. Evaluasi Efektifitas Implementasi Lajur Sepeda Motor (Studi Kasus Jalan Raya Darmo Kota Surabaya).Jurnal Rekayasa Sipil/Volume 8 No 3.https://rekayasasipil.ub.ac.id .Dikases tanggal 6 Agustus 2019.
Kemenhub.Menteri Perhubungan Rebuplik Indonesia Nomor PM 16.2016.Tentan Penerapan Rute Aman Selamat Sekolah.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 16.2016.Tentang Penerapan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS).
Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 06.2011.Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Madiun Tahun 2010-2030.Kota Madiun.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section


