PENGAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI BUKU FLANEL TERINTEGRASI DALAM BAHASA INGGRIS

Authors

  • Alfitriani Siregar Universitas Negeri Surabaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Rita Harisma Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v5n1.p%25p

Abstract

ABSTRACT

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah proses bimbingan yang sangat menentukan corak pertumbuhan dan perkembangan anak (3-6 tahun) yang sangat penting di masyarakat. Konsep pengajaran diimplementasikan dalam penataan kelas, metode pembelajaran dan kesehatan gizi anak pada tiap sekolah PAUD. Gurunya mengajarkan berbahasa Inggris dengan cara bermain dan bernyanyi tanpa alat peraga. Dan tuntutan para orang tua berlomba-lomba memasukkan anak mereka ke sekolah yang bertaraf internasional ataupun nasional plus dimana media bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Tujuan tulisan ini untuk menguasai pembelajaran bahasa Inggris per kata secara lisan dalam perkembangan Bahasa dengan menggunakan Produk Buku Flanel dalam Bahasa Inggris Edukatif yang akan memudahkan mereka untuk mengajar anak-anak usia dini. Adapun solusi tersebut: memberikan pelatihan dalam metode pengajaran bahasa Inggris Edukatif per kata dalam perkembangan bahasa anak, mengeluarkan produk Buku Flanel dalam bahasa Inggris Edukatif per kata, dan memberika pelatihan bahasa Inggris Edukatif kepada guru-guru. Beberapa metode pelaksanaan kegiatan ini adalah (1) Persiapan untuk mengikuti kegiatan pelatihan, (2) Pelaksanaan (tindakan) dalam ketrampilan menjahit dan menggunting pola yang akan membuat suatu produk dari bahan flannel menjadi alat peraga (bantu) mengajar, (3) Observasi tindakan dengan mengerjakan ketrampilan menjahit dan menggunting pola yang dibuat menjadi œbuku flannel, (4) Evaluasi kesiapan guru-guru menggunakan produk sangat baik, (5) Dan refleksi sangat antusias dengan kegiatan pelatihan dapat membuat kreasi yang lain dengan bahan flannel, karena bahan flannel ini lembut, tidak berbau, tidak tajam, berwarna- warni, dan aman untuk anak-anak.

Kata kunci: AUD, Perkembangan Bahasa, Bahan Flannel

References

Aitchison, Jeans. 2012. Language Change: Progress or Decay? 4th Edition. University Press: New York
Alfitriani. 2015. Perspektif Islam: Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Proceedings International Workshop on Islamic Development 8th . UMSU Press. Medan ISBN: 978-602-719-958-3
Badru, Asep & Eliyawati. 2008. Materi pokok media dan sumber belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Berko, Jean. 2005. The Development of Language 6th edition. Boston: Pearson.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. ISBN: 978-979-518-587-1
Chaer, Abdul. 2007. Psikolinguistik: kajian teoretik. Jakarta: Rineka Cipta. ISBN: 978-979-518-884-1
Dimiyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana: Jakarta. ISBN: 978-602-9413-95-3
Gredler, Margaret E. 2011. Learning and Instruction: Teori and Aplikasi. Jakarta: Kencana. ISBN 978-602-8730-56-3
Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana. ISBN 978-602-9413-95-3
Noviyanti, Dian. 2014. Anak-anak kita Pengukir Peradaban.Gramedia: Jakarta ISBN: 978-602-02-4674-1
Ottenheimer, H.J. (2006). The Anthropology of Language: An Introduction to Linguistic Anthropology. Canada: Thomas Wadsworth.

Rahmat, Aceng. 2010. Journal Kajian Linguistik dan Sastra: Implementasi Kurikulum Bahasa Asing Di Taman Kanak-kanak (TK) DKI Jakarta. Vol.22, No.1.

Santoso, Soegeng. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan
Siraj, Saedah. 2008. Kurikulum Masa Depan. University Malaya: Kuala Lumpur.
Sonawat, Reeta & Jasmine. 2007. Language Development for School. Mumbai: Multi-tech Publishing.
Syafaruddin, dkk. 2011. Pendidikan Sekolah: Perspektif Pendidikan Islam dan Umum. Perdana Publising: Medan. ISBN 978-602-8935-15-9
Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif dan edukatif untuk Anak Usia Dini. ANDI OFFSET. Yogyakarta. ISBN 978-979-29-3386-4
Yamin, Martinis & Jamilah. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press. ISBN: 978-602-8807-24-1

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Siregar, A., Dewi, R. S., & Harisma, R. (2018). PENGAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI BUKU FLANEL TERINTEGRASI DALAM BAHASA INGGRIS. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 5(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v5n1.p%p
Abstract views: 1844 , PDF Downloads: 1720