LEKSIKON PERALATAN RUMAH TANGGA BERBAHAN BAMBU DI KABUPATEN MAGETAN (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)

Authors

  • Siti Komariyah Balai Bahasa Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v5n1.p%25p

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan bambu di wilayah Kabupaten Magetan sebagai peralatan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengklasifikasikan dan mendeskripsikan leksikon peralatan rumah tangga berbahan bambu di Magetan; 2) mengungkapkan fungsi peralatan rumah tangga berbahan bambu di Magetan. Pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara dengan informan utama dan informan pendamping; Penelitian ini menggunakan pendekatan etnolingustik yang menelaan hubungan bahasa dan budaya terutama bagaimana bahasa itu digunakan sehari-hari sebagai alat komunikasi dalam suatu kelompok masyarakat. Perkembangan budaya mempengaruhi perkembangan leksikon yang berhubungan dengan budaya tersebut. Leksikon muncul seiring dengan kebutuhan manusia untuk mengidentifikasi hasil budaya yang ada. Leksikon peralatan rumah tangga berbahan bambu di Magetan relatif banyak dan beragam Dari hasil penelitian ini diperoleh sejumlah leksikon yang dapat dipilah menjadi empat kategori, yaitu (1) leksikon peralaran rumah tanga berbahan bambu yang berbentuk monomorfemis, (2) leksikon peralatan rumah tangga berbahan bambu yang berbentuk polimorfemis, (3) leksikon peralatan rumah tanga berbahan bambu yang berbentuk kata ulang, dan (4) leksikon berbahan bambu yang berbentuk frasa.

Kata Kunci: Leksikon, etnolinguistik, monomorfemis, polimorfemis

References

Baehaqie, Imam. 2013. Etnoliguistik Telah Teoretis dan Praktis. Surakarta: Cakrawala Media
Duranti, A. 1997. Linguistic Anthropology. Cambridge: Cambridge University Press.
Foley, W. A. 1997. Anthropological Linguistics: An Introduction.Oxford: Blackwell Publishers.
Koentjaraningrat. 1983. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.
Koentjaraningrat. 1990. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Mbete, A. M. 2004. œLinguistik Kebudayaan: Rintisan Konsep dan Beberapa Aspek Kajiannya, dalam Bawa, I.W. dan Cika, I.W (ed.), Bahasa dalam Perspektif Kebudayaan, halaman 16”32. Denpasar: Penerbit Universitas Udayana.
Palmer, G. B. 1996. Toward a Theory of Cultural Linguistics. Austin: University of Texas Press.
Sudaryanto. 1986. Metode Linguistik. Kedudukan Aneka Jenisnya dan Faktor Penentu wujudnya. Yogyakarta. Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gajah Mada.
Wierzbicka, A. 1991. Cross-Cultural Pragmatics, The Semantics of Human Interaction. New York: Mouton de Gruyter.

Downloads

Published

2018-05-22

How to Cite

Komariyah, S. (2018). LEKSIKON PERALATAN RUMAH TANGGA BERBAHAN BAMBU DI KABUPATEN MAGETAN (KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 5(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v5n1.p%p
Abstract views: 3370 , PDF Downloads: 3695