PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI

Authors

  • Rusmiyati Rusmiyati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n2.p157-171

Abstract

Metode Problem Based Learning (PBL) yang digunakan dalam pembelajaran Dokkai (membaca) bahasa Jepang level menengah diharapkan membawa pemelajar untuk belajar secara cepat, aktif, tanggap, dan mandiri dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk memperoleh gambaran aktivitas serta respon mahasiswa dalam hal persiapan sebelum pembelajaran, ketika pembelajaran PBL berlangsung, serta setelah pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen berupa lembar wawancara dan lembar observasi. 

Dari hasil respon mahasiswa, dapat dijelaskan bahwa persiapan sebelum pembelajaran Dokkai dimulai, meliputi persiapan makna kosakata, baca dan makna huruf kanji, serta tata bahasa yang digunakan dalam kalimat. Pemberian wacana oleh pengajar sebelum pembelajaran berikutnya berlangsung tidak berpengaruh pada kesiapan belajar mahasiswa. Karena meskipun materi telah diberikan sebelumnya masih ada mahasiswa yang enggan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Selanjutnya respon mahasiswa ketika aktivitas pembelajaran dengan metode PBL berlangsung membawa nilai positif bagi mahasiswa terutama ketika diskusi dalam kelompok kecil. Pembelajaran dinilai lebih efektif, membuat mahasiswa lebih aktif, cepat, dan belajar mengeluarkan pendapat terlepas dari salah dan tidaknya dalam menyelesaikan penugasan yang diberikan. Melalui PBL, dapat dilihat seberapa besar keaktifan mahasiswa. Sedangkan respon mahasiswa setelah pembelajaran berlangsung disebutkan bahwa aktivitas menceritakan kembali wacana dalam bahasa Jepang masih menjadi hal yang masih sulit dilakukan dikarenakan rasa malu, takut salah dan kurang percaya diri serta keterbatasan dalam kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki, sehingga motivasi dari pengajar masih sangat diperlukan.

 Kata Kunci : Problem Based Learning, Dokkai, Membaca.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rusmiyati, R. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI . Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 9(2), 157–171. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n2.p157-171
Abstract views: 177 , PDF Downloads: 244