Model Pembelajaran Latihan Konjungsi Bahasa Jerman Menggunakan Satzkarten

Model Pembelajaran Latihan Konjungsi Bahasa Jerman Menggunakan Satzkarten

Penulis

  • Fauzan Adhima Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n1.p97-111

Abstrak

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tahap-tahap pembelajaran latihan tata bahasa konjungsi bahasa Jerman dengan menggunakan permainan Satzkarten. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik studi pustaka. Permainan Satzkarten merupakan permainan kartu-kartu kalimat bahasa Jerman yang dikombinasikan dengan menggunakan konjungsi yang tepat. Konjungsi yang dipilih dalam model pembelajaran dengan menggunakan permainan Satzkarten ini adalah aber, oder, denn, deshalb, und  pada tema “Wisata” kelas XII SMA. Dengan demikian peserta didik akan dapat membuat dan menyusun kalimat-kalimat bahasa Jerman dengan konjungsi yang berhubungan dengan aktivitas liburan atau wisata. Hasil penelitian pada model pembelajaran latihan konjungsi dengan menggunakan permainan Satzkarten  ini dapat diaplikasikan menjadi tiga tahapan pembelajaran. Tiga tahap pembelajaran yang dilakukan yaitu (1) Tahap Pembukaan, (2) Tahap Pembentukan Kompetensi yang di dalamnya terdapat tahap permainan Satzkarten, yaitu Vorbereitungsphase (persiapan permainan), Spielphase (bermain), dan Auswertungsphase (penilaian permainan), dan (3) Tahap Penutup. Media permainan Satzkarten pada penelitian ini dapat digunakan pengajar untuk melatih peserta didik dalam melatih konjungsi. Langkah-langkah pembelajaran pada penelitian ini disajikan dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).    Permainan Satzkarten pada model pembelajaran ini dapat digunakan pengajar sebagai teknik dan media alternatif untuk menyampaikan materi latihan tata bahasa konjungsi bahasa Jerman.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Konjungsi bahasa Jerman, Permainan Satzkarten

Diterbitkan

2022-03-21

Cara Mengutip

Adhima, F. (2022). Model Pembelajaran Latihan Konjungsi Bahasa Jerman Menggunakan Satzkarten: Model Pembelajaran Latihan Konjungsi Bahasa Jerman Menggunakan Satzkarten. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 9(1), 97–111. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n1.p97-111
Abstract views: 514 , PDF Downloads: 558