IMPLEMENTASI STRATEGI SQ3R MEMBACA KRITIS SASTRA SISWA MI KELAS LANJUT

Authors

  • Dwi Masdi Widada

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v4n2.p%25p

Abstract

Membaca pemahaman (kritis) merupakan salah satu tingkatan membaca yang memiliki strategi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Madrasah Ibtidaiyah adalah sekolah berbasis islam yang memiiki peluang untuk memelajari berbagai macam ilmu pengetahuan. Strategi SQ3R merupakan strategi pembelajarn membaca yang bertujuan untuk membantu pembaca agar dapat memahami secara utuh dan rinci tentang isi suatu teks. Siswa MI kelas lanjut memiliki kebebasan menganalisis dan mengapresiasikan beberapa karya seperti cerpen, puisi, dan drama dalam sudut pandang mereka. Membaca kritis memerlukan pemahamn subyektif yang harus dibina agar dapat memunculkan ide-ide kreativitas di kalangan siswa. Siswa Madrasah Ibtidaiyah memiliki keragaman tersendiri dalam berpikir sesuai dengan konteks nilai-nilai keislaman yang dimiliki.

Gambaran konkret mengenai penerapan strategi SQ3R ini akan disajikan contoh-contoh panduan analisis kebutuhan pembelajaran dengan mengacu pada penerapan strategi SQ3R. Contoh penerapan tersebut akan disajikan pada tahap sebelum pelaksanaan pembelajaran dan saat pelaksanaan pembelajaran. 

References

Burns, Paul C. Betty D. Roe Elinor P. Ross. 1996. Teaching Reading in Todays Elementery Schools. Boston: Houghton Mifflin Company.
De Porter, Bobbi & Mike Hernacki. 1992. Quantum learning: Unleshing The Genius In You. New York. Dell Publishing.
Depdikbud. 1993. Kurikulum: Garis-garis Besar Program Pengajaran Bahasa Indonesia SLTP. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 1992. Membaca Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.
Eanes, Robin. 1997. Content Are Literary: Teaching fot Today and Tomorrow. Albany, NY: Delmar Publisher.
Harris, Larry & Smith Carl B. 1986. Reading Intruction, Diacnostic Teaching in the Class Room. New York. MacMillan Publisher Company.
Sidi, Idra Djati. 2001. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Paramadina.
Syafiie. 1993. Terampil Berbahasa Indonesia I. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2017-09-09

How to Cite

Widada, D. M. (2017). IMPLEMENTASI STRATEGI SQ3R MEMBACA KRITIS SASTRA SISWA MI KELAS LANJUT. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 4(2). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v4n2.p%p
Abstract views: 360 , PDF Downloads: 1465