GENOSIDA TERHADAP ORANG-ORANG NUSANTARA DALAM ESAI JALAN RAYA POS, JALAN DAENDELS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

Authors

  • Mujihadi Mujihadi

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v4n2.p%25p

Abstract

Pramoedya Ananta Toer (Pram) banyak menghasilkan karya tulis. Karya tulis itu ada yang berupa novel, drama, esai, dan karya tulis lainnya. Di antara karya esai Pram yang terkenal adalah Jalan Raya Pos, Jalan Daendels (JRPJD). Dalam esai tersebut Pram bercerita tentang terjadinya genosida/pembunuhan masal, baik secara langsung maupun tidak langsung yang telah terjadi di Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti akan mengaji esai tersebut menggunakan kritik sastra Kajian Budaya dengan pendekatan historis. Kritik sastra Kajian Budaya dengan pendekatan historis ini merupakan model analisis kualitatif deskriptif. Fokus permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana bentuk representasi genosida terhadap orang-orang Indonesia dalam esai JRPJD karya Pram?; kedua bagaimana klarifikasi sejarah terhadap representasi Pram tentang peristiwa genosida terhadap orang-orang Indonesia dalam esai JRPJD? Dari hasil analisis terhadap esai JRPJD tersebut diperoleh hasil berupa informasi bahwa genosida terhadap orang-orang Indonesia pernah dilakukan oleh orang Belanda, orang Jepang, dan oleh orang Indonesia sendiri. Sedangkan jika diklarifikasi dengan sejarah nasional Indonesia, secara umum apa yang direpresentasikan oleh Pram tentang kisah genosida terhadap orang-orang Indonesia dalam esai JRPJD adalah merupakan peristiwa yang benar-benar pernah terjadi di Indonesia.

References

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hapsari, Ratna dan M. Adil. 2012. Sejarah Indonesia untuk SMA/Ma Kelas XI 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kartasasmita, Ginanjar, dkk. 1981. 30 Tahun Indonesia Merdeka: 1945 1949. Jakarta: PT Tira Pustaka.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
__________________. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roosa, John. 2008. Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto. Terjemahan Hersri Setiawan dari Pretext for Mass Murder: The September 30th Movement and Suhartos Coup dEtat in Indonesia (2006). Jakarta: Hasta Mitra.
Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.
Toer, Pramoedya Ananta. 2012. Jalan Raya Pos, Jalan Daendels. Jakarta: Lentera Dipantara.
Usman, Syafaruddin dan Isnawita Din. 2009. Peristiwa Mandor Berdarah: Eksekusi Massal 28 Juni 1944 oleh Jepang. Jakarta: MedPress

Downloads

Published

2017-09-09

How to Cite

Mujihadi, M. (2017). GENOSIDA TERHADAP ORANG-ORANG NUSANTARA DALAM ESAI JALAN RAYA POS, JALAN DAENDELS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 4(2). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v4n2.p%p
Abstract views: 1199 , PDF Downloads: 2108