CHARACTER VALUES IN TEACHING NARRATIVE TEXT AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL OF PAMEKASAN

Authors

  • Jamaludin Jamaludin
  • Ahmad Munir

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n2.p%25p

Abstract

Artikel  ini mencoba  untuk menjawab  pertanyaan  tentang  apa  karakter  nilai-nilai yang  terintegrasi dan bagaimana guru bahasa  Inggris mengintegrasikan nilai-nilai karakter  dalam  proses  belajar mengajar  teks  narasi  di  SMA Negeri  Pamekasan. Penelitian  deskriptif  kualitatif  digunakan  dalam  penelitian  ini.  Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara  dan  observasi.  Peserta penelitian  ini  adalah  semua  siswa XI-F SMAN 1 Pamekasan. Temuan penelitian ini, ada enam nilai-nilai karakter yang guru bahasa Inggris terintegrasi melalui dua teks  naratif  berjudul  "Raja Arthur  dan Donkey, Tabel,  dan  Stick"  yaitu menjadi gemar membaca, mandiri,  komunikatif,  ingin  tahu,  pekerja  keras,  dan  disiplin  . Secara umum ada dua langkah yang guru dilaksanakan untuk terintegrasi nilai-nilai karakter.  Yang  pertama  adalah  memilih  nilai-nilai  karakter  tertentu  berdasarkan kata  kerja  yang  digunakan  dalam  indikator  pembelajaran.  Yang  kedua  adalah mengintegrasikan  nilai  karakter  yang  dipilih  dalam  proses  belajar mengajar  teks narasi bahasa Inggris.

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Jamaludin, J., & Munir, A. (2014). CHARACTER VALUES IN TEACHING NARRATIVE TEXT AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL OF PAMEKASAN. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 1(2). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n2.p%p
Abstract views: 178 , PDF Downloads: 585