CHARACTER VALUES IN TEACHING NARRATIVE TEXT AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL OF PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n2.p%25pAbstract
Artikel ini mencoba untuk menjawab pertanyaan tentang apa karakter nilai-nilai yang terintegrasi dan bagaimana guru bahasa Inggris mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar teks narasi di SMA Negeri Pamekasan. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Peserta penelitian ini adalah semua siswa XI-F SMAN 1 Pamekasan. Temuan penelitian ini, ada enam nilai-nilai karakter yang guru bahasa Inggris terintegrasi melalui dua teks naratif berjudul "Raja Arthur dan Donkey, Tabel, dan Stick" yaitu menjadi gemar membaca, mandiri, komunikatif, ingin tahu, pekerja keras, dan disiplin . Secara umum ada dua langkah yang guru dilaksanakan untuk terintegrasi nilai-nilai karakter. Yang pertama adalah memilih nilai-nilai karakter tertentu berdasarkan kata kerja yang digunakan dalam indikator pembelajaran. Yang kedua adalah mengintegrasikan nilai karakter yang dipilih dalam proses belajar mengajar teks narasi bahasa Inggris.