TEACHING LISTENING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS USING œGUIDED METACOGNITIVE SEQUENCE
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n2.p%25pAbstract
Penelitian ini menguji apakah penggunaan pengajaran strategi metakognitif berdasarkan œTahapan Metakognitif Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan pelajaran bahasa Inggris yang menitikberatkan pada tiga indikator: menentukan informasi tersurat, menentukan informasi tersirat, dan menentukan gambaran umum. Penelitian ini menerapkan desain penelitian praeksperimen tes awal dan tes akhir dengan grup tunggal. Sejumlah 32 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Ponorogo dipilih sebagai peserta grup. Grup ini memperoleh 5 (lima) sesi pertemuan pelajaran mendengarkan teks recount di kelas dengan menerapkan pengajaran strategi metakognitif berdasarkan œTahapan Metakognitif Terbimbing. Data nilai siswa pada tes awal dan tes akhir dianalisa menggunakan uji t sampel berpasangan dengan tingkat signifikansi 0,05 (p<0.05) untuk menguji peningkatan skor. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes akhir siswa lebih tinggi secara signifikan dibanding nilai awal (72,41dibanding 61,06, p = 0,000, p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan pengajaran ini memacu peningkatan pemahaman siswa dalam mendengarkan. Hasil ini menuntut perlunya menggabungkan pengajaran ini ke dalam program pengajaran mendengarkan sehari-hari di kelas untuk membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam mendengarkan Bahasa Inggris.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)