TEACHING LISTENING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS USING œGUIDED METACOGNITIVE SEQUENCE

Authors

  • Tuty Mujiatin

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n2.p%25p

Abstract

Penelitian  ini  menguji  apakah  penggunaan  pengajaran  strategi  metakognitif berdasarkan  œTahapan  Metakognitif  Terbimbing  dapat  meningkatkan kemampuan  siswa  dalam  mendengarkan  pelajaran  bahasa  Inggris  yang menitikberatkan pada  tiga  indikator: menentukan  informasi  tersurat, menentukan informasi  tersirat,  dan menentukan  gambaran  umum.  Penelitian  ini menerapkan desain  penelitian  praeksperimen  tes  awal  dan  tes  akhir  dengan  grup  tunggal. Sejumlah 32 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Ponorogo dipilih sebagai peserta grup. Grup  ini  memperoleh  5  (lima)  sesi  pertemuan  pelajaran  mendengarkan  teks recount di kelas dengan menerapkan pengajaran strategi metakognitif berdasarkan œTahapan Metakognitif Terbimbing. Data nilai siswa pada tes awal dan tes akhir dianalisa menggunakan uji t sampel berpasangan dengan tingkat signifikansi 0,05 (p<0.05) untuk menguji peningkatan skor. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes akhir  siswa  lebih  tinggi  secara  signifikan  dibanding  nilai  awal  (72,41dibanding 61,06, p = 0,000, p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan pengajaran ini  memacu  peningkatan  pemahaman  siswa  dalam  mendengarkan.  Hasil  ini menuntut perlunya menggabungkan pengajaran  ini ke dalam program pengajaran mendengarkan sehari-hari di kelas untuk membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam mendengarkan Bahasa Inggris.

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Mujiatin, T. (2014). TEACHING LISTENING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS USING œGUIDED METACOGNITIVE SEQUENCE. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 1(2). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v1n2.p%p
Abstract views: 137 , PDF Downloads: 643