EFEKTIVITAS METODE DARING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI

Authors

  • Retno Dewi Ambarastuti Universitas Brawijaya
  • Laily Amalia Savitri Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p60-74

Abstract

Bagi pembelajar bahasa Jepang di Indonesia, Kanji menjadi salah satu œmomok yang menakutkan karena jumlah hurufnya banyak, dan metode pembelajaran Kanji yang kurang menarik. Selama ini, belajar  Kanji dengan cara menghafal dan menulis Kanji secara berulang. Kesulitan belajar Kanji semakin bertambah karena sejak pemerintah menyatakan pandemi Covid-19, pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Salah satu strategi pembelajaran daring pada Kanji 2 adalah dengan menggunakan bantuan video animasi dengan gambar dan cerita. Penulis meneliti efektivitas penggunaan video berbantuan animasi dalam pembelajaran Kanji 2 pada Program Studi Sastra Jepang FIB UB.

Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran daring dan blended learning, efektivitas pembelajaran, dan buku pembelajaran Kanji: Sutorii De Oboeru Kanji. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berupa penelitian deskriptif komparatif dengan metode pre-experimental design dengan bentuk intact-group comparison. Objek penelitian ini adalah 97 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kanji 2.

Hasil dari penelitian: 1) diketahui nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa dari Ujian Akhir Semester di kelas eksperimen (Kelas A dan B), yakni 87, lebih tinggi daripada kelas kontrol (Kelas C dan D); dan 2) metode pembelajaran daring berbantuan video animasi dengan gambar dan cerita Kanji dikatakan efektif atau berhasil.

 

Kata Kunci: pembelajaran daring, blended learning, efektivitas pembelajaran, video animasi, intact-group comparison

 

Abstract

 

THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING

USED ANIMATION VIDEO ON SUBJECT KANJI 2

ON EVEN SEMESTER AT ACADEMIC YEAR 2019/2020

 

For Japanese language learners in Indonesia, Kanji became a specter, because the number of letter is large. So far, the Kanji learning method is to write reapetedly. The difficulty in learning Kanji has increased since the goverment declared the Covid-19 pandemic, so that, learning must be carried out online. One of learning strategies in Kanji course is online learning, what use animation video with pictutes and stories. The authors examine the effectiveness of using animation-assisted videos in learning Kanji 2 at Study Program Japanese Literature FCS UB.

The theory in this research are online learning and blended learning, learning effectiveness, and Kanji book Sutorii de Oboeru Kanji. The method are field research in form of comparative descriptive research with pre-experimental design method on intact-group comparison. The object are Program Japanese Literature students who took Kanji 2, totaling 97 people.

          The result are 1) it is known that the average score obtained by students from the results of the Final Semester Examination in the experimental class (Class A and B), is higher than the control class (Class C and D), and 2) animation-assisted videos in learning Kanji what use animation video with pictutes and stories are affective and was successfull. Keyword : online learning, blended learning, learning effectiveness, animation video, intact-group comparison

Author Biography

Laily Amalia Savitri, Universitas Brawijaya

Prodi Sastra Jepang, Fakul;tas Ilmu BUdaya

Downloads

Published

2021-04-23

How to Cite

Ambarastuti, R. D., & Savitri, L. A. (2021). EFEKTIVITAS METODE DARING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 8(1), 60–74. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p60-74
Abstract views: 590 , PDF Downloads: 454