Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Permainan Pasang Pohon Berbuah
DOI:
https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p23-33Keywords:
Prestasi belajar, Metode Permainan Pasang Pohon BerbuahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Permainan Pasang Pohon Berbuah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di kelas VII A SMPN 2 Menganti Gresik yang dilakukan dalam 3 siklus. Siklus1, 2 , dan 3 masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa : 1) soal tes formatif ; 2) lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Permainan Pasang Pohon Berbuah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada babKerajaan Islam di Indonesia.