MODEL ANALYSIS IN MEASURING QUEUING SYSTEM PERFORMANCE AND OPTIMIZING WAITING TIMES FOR ELECTRONIC IDENTITY CARD ISSUANCE

Isi Artikel Utama

Herlina B. Onuneng
Djihad Wungguli
La Ode Nashar
Ismail Djakaria
Agusyarif Rezka Nuha
Nisky Imansyah Yahya

Abstrak

Pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango masing-masing menggunakan sistem antrian single channel-multi phase dan single channel - single phase. Penerapan sistem antrian ini menyebabkan rata-rata waktu tunggu pengunjung dalam sistem selama 26 menit dan waktu tunggu pengunjung dalam antrian hingga 4 jam. Artikel ini bertujuan untuk menentukan struktur antrian optimal guna meningkatkan pelayanan dengan membandingkan kinerja sistem sebelum dan sesudah penerapan metode tertentu. Metode yang digunakan adalah multi channel - multi phase pada loket perekaman dan  multi channel - single phase pada loket pencetakkan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut berhasil mengoptimalkan waktu tunggu dalam antrian  menjadi 3,6 menit dan waktu tunggu dalam sistem  menjadi 12,5 menit dengan 3 fasilitas server.


Kata Kunci:  Sistem antrian, waktu tunggu, KTP-el

Rincian Artikel

Bagian
Articles