INOVASI PELAYANAN PUBLIK SUROBOYO BIS DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Zulfa Auliana Haqie Muhammadiyah Malang University
  • Rifda Eka Nadiah Muhammadiyah Malang University
  • Oktavira Puteri Ariyani Muhammadiyah Malang University

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p23-30

Keywords:

pelayanan publik, inovasi, transportasi

Abstract

Pelayanan Publik menjadi tolak ukur keberhasilan suatu kinerja pemerintahan dihadapan para masyarakat. Kinerja pemerintah dapat dilihat dari masyarakat dengan kategori ada atau tidaknya suatu pelayanan yang diberikan dan bagaimana cara pemerintah memberikan trobosan-trobosan baru terkait suatu masalah yang ada di wilayah atau daerah. Peningkatan pelayanan publik tercantum dalam kebijakan pelayanan publik sejak tahun 2014 bahwa seluruh instansi pemerintahan baik pusat atau daerah diharapkan membuat suatu ide atau inovasi terhadap kerja pelayanan publik. Yang berperan sebagai pelayan adalah pemerintah, dimana pemerintah pada hakikatnya tidak untuk melayani diri sendiri namun juga warga masyarakat dengan mendominasi kondisi agar terbentuk suatu kenyamanan dalam segala akses kemasyarakatan. Hal ini yang akan dibahas mengenai permasalahan yang terjadi di Kota Surabaya terkait kemacetan dan membludaknya transportasi pribadi serta ketidakmauan masyarakat Kota Surabaya untuk menggunakan kendaraan umum menumbuhkan suatu inovasi baru yaitu dengan terciptanya Suroboyo Bus. Aplikasi Gobis (Golek Bis) diciptakan oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya untuk mempermudah pelayanan transportasi di Surabaya guna mengurangi kemacetan dan mampu mengurangi volume kendaraan yang ada di Kota Surabaya.

Author Biographies

Zulfa Auliana Haqie, Muhammadiyah Malang University

Department of Government Science

Rifda Eka Nadiah, Muhammadiyah Malang University

Department of Government Science

Oktavira Puteri Ariyani, Muhammadiyah Malang University

Department of Government Science

References

P, J., & Marten. (2016). INOVASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PERIZINAN PENANAMAN MODAL di BPPT KOTA SEMARANG). 9(2), 120. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Purwanto, D. (n.d.). Pengelolaan Transportasi Berwawasan Lingkungan Sebagai Dampak Perkembangan Perkotaan Tak Terkendali ( Studi Kasus Kota Semarang ) Pendahuluan. 93101.

Tuames, G. Y. K. (2019). PEMODELAN BUS SURABAYA ( MOVING MODA SEBELUM KE SUROBOYO BUS ). IV(1), 14.

Sunirno, F. C., Halim, K. C., Setiawan, R., & Bus, S. (2018). Karakteristik pengguna suroboyo bus. 136143.

Nasikhah, M. A. (2019). Inovasi pelayanan transportasi publik berbasis teknologi informasi. 1(1), 2637. https://doi.org/10.33474/jisop

Studi, P., Tata, P., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2019). KEPERCAYAAN SEBAGAI INTERVENING ( Studi Pada Pengguna Suroboyo Bus ) Defit Ilham Purnama Putra. 07(02), 414418.

Ilmu, S., Negara, A., Publik, J. A., Ilmu, F., Prabawati, I., Sos, S., & Si, M. (n.d.). IMPLEMENTASI SUROBOYO BUS DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA Anugrah Ary Kurniawan.

Publik, J. A. (2015). PENTINGNYA TRANSPORTASI UMUM UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK 1 A. Caroline Sutandi 2. 12(April), 1934.
Firmansyah, R. A., Putra, K. H., Sipil, J. T., & Teknik, F. (n.d.). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM œ SUROBOYO BUS RUTE HALTE RAJAWALI TERMINAL PURABAYA DENGAN METODE IMPORTANCE. 16.

Susanto, F., Anwar, M. R., & Wicaksono, A. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN DAN KEMAUAN MEMBAYAR ( ATP-WTP ) PENUMPANG BUS KOTA SURABAYA RUTE P1 PURABAYA DARMO PERAK

Annisa Ayu Savitri1, T. (2018). faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan transportasi baru œ SUROBOYO BUS di kota Surabaya. April.

Anggita Dwi Puspita. (2019). REGRESI LOGISTIK ORDINAL UNTUK MENGANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA BUS SUROBOYO.

Arini Sulistyowati, S. (n.d.). EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN STRATEGI PENGELOLAAN SUROBOYO BUS. 10, 128142.

Arini Sulistyowati, I. M. (n.d.). pemodelan transportasi adalah media yang paling efektif dan efisien yang dapat menggabungkan semua faktor tersebut dan keluarannya dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan transportasi baik pada masa sekarang maupun pada masa yang akan datang. 152165.

Eka Oktaviani, D. H. (2019). KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI PERKOTAAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI SURABAYA ( studi kasus pada angkutan Suroboyo Bus ). Public Administration Journal, 1(1), 1019.

Downloads

Published

2020-12-17
Abstract views: 7352 , PDF Downloads: 6428