PERAN CIVIL SOCIETY ORGANIZATION (CSO) DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PUBLIK (KAJIAN DI KABUPATEN PONOROGO)

Authors

  • Ardhana Januar Mahardhani Muhammadiyah Ponorogo University
  • Sulton Sulton Muhammadiyah Ponorogo University
  • Sunarto Sunarto Muhammadiyah Ponorogo University

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n2.p59-62

Abstract

Setelah memasuki era reformasi, pergerakan Civil Society Organization (CSO) di Indonesia lebih berperan sebagai penyeimbang negara, peran itupun juga berlaku pada CSO yang ada di daerah, keberadaan CSO tersebut menjadi sangat penting karena menjadi alternatif penyeimbang antara kepala daerah dan DPRD, oleh karena itu keberadaan CSO dapat menjadi bagian terpenting dalam proses  perumusan kebijakan agar lebih sehat, bersifat terbuka dan partisipatif. Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang sangat dinamis dalam hal keberadaan CSO yang ada ataupun kegiatan pemerintah dalam keluarnya kebijakan. Dalam proses politik yang timbul dalam penentuan kebijakan juga melibatkan peran CSO dalam rangka untuk memperkecil polemik yang ada di masyarakat Penelitian ini menggunakan desain kualitatif diskriptif karena akan menafsirkan fenomena yang terjadi di Kabupaten Ponorogo. Dari hasil penelitian, didapatkan kesimpulan yaitu Kabupaten Ponorogo akan melibatkan CSO dalam rangka menjaga prinsip keterbukaan dalam good governance, adapun peran CSO tersebut adalah: 1) Menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintah, 2) Mengakomodasi kepentingan masyarakat, 3) Mendorong adanya jaringan antar kelompok masyarakat, dan 4) Membangun kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, serta pihak ketiga.

Author Biographies

Ardhana Januar Mahardhani, Muhammadiyah Ponorogo University

Pancasila and Citizenship Education Study Program

Sulton Sulton, Muhammadiyah Ponorogo University

Pancasila and Citizenship Education Study Program

Sunarto Sunarto, Muhammadiyah Ponorogo University

Pancasila and Citizenship Education Study Program

References

Mahardhani, Ardhana Januar. 2014. Strategi Pembangunan Desa. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press

Malik, Imam. tanpa tahun. Peran penting Civil Society Organization (CSO) dalam Penanganan Terorisme. Jakarta: C-Save Indonesia

Moleong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pambudi, A. Panggo Wahyu. 2016. Stratgei Civil Society Organization dalam Menangani Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA) di Kota Bandarlampung. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Rosyada, Dede, dkk. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, Hak Azasi Manusia, Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Medika.

Sumarto, Hetifah SJ. 2009. Inovasi, Partisipasi, dan Good Governance 20 Prakarsa Inovatif dan Partisipatif di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3049 , PDF Downloads: 2813