ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 6 DEPOK

Authors

  • Safitri Ridwan Rangkuti Universitas Indonesia
  • Irfan Ridwan Maksum Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p8-19

Abstract

Child-friendly and child-based schools are an effort to fulfill children's rights and provide quality education for children. This study aims to explain the implementation of Child Friendly School Policies established by the Ministry of Women's Empowerment and Child Protection and analyze the supporting and inhibiting factors for the implementation of Child Friendly School Policies in SMP Negeri 6 Depok. This study used a qualitative method that shows the implementation of the Child Friendly School Policy in SMPN 6 Depok been going well, assessed in the context of the process, results (output), impact (outcomes) and causality (causal connection).The factors that support the implementation of the Child Friendly School Policy at SMP Negeri 6 Depok are good and smooth communication, attitudes and commitment of all school people, coordination between the Depok Government and the School and the positive support of all school members, parents, surrounding communities. However, there are still obstacles, namely the limited school budget and the number of teachers, and the density of teacher activities that have caused the implementation of policies to be not optimal.

Author Biographies

Safitri Ridwan Rangkuti, Universitas Indonesia

Program Pasca Sarjana Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi

Irfan Ridwan Maksum, Universitas Indonesia

Program Pasca Sarjana Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi

References

Artadianti, Kiki. 2015. Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Percontohan di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Journal Public Policy and Management Review, Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017.

Djamaludin, Nanang, 2018, Cermin Ringkihnya KLA dan SRA di Kota Depok, diunggah pada tanggal 3 Maret 2019 dari https://www.watyutink.com/opini/Cermin-Ringkihnya-KLA-dan-SRA-di Kota-Depok.

Dye, Thomas R. 2011. Understanding public policy. New Jersey: Pranticehall

Hill, M. and Hupe, P. (2009). Implementing Public Policy. Second Edition, SAGE Publications Inc., Thousand Oaks.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 2017. Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016/2017. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy (Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi dan Kimia Kebijakan). Edisi Kelima Revisi, PT. Elex Media Komputindo.

Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Peraturan Walikota Depok Nomor 10 Tahun 2017 tentang Pengembangan Kota Layak Anak.

Rahmi, Siti Suriati. 2014. Implementasi Kebijakan Publik, Unversitas Sumatera Utara.

Saraswati, Rika. 2015. Hukum Perlindungan Anak di Indonesia. Semarang. PT Citra Aditya Bakti

Sari, Ayu Kartika. 2017. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Penangulangan Kekerasan Pada Anak di SDN 3 Panggung Rejo Kabupaten Pringsewu, Unversitas Lampung.

Sekolah Anak.Com. 2018. Sekolah Ramah Anak di unduh pada tanggal 10 Maret 2019 dari https://sekolahanak.com/sekolah-ramah-anak.html Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi). Cetakan VII September 2015, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Subur. Qosim, Muhammad Nanang. Nugroho, Irham, 2018. Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di SDN Geger Tegalrejo. Prociding Konferensi Nasional ke-7, Asosiasi Program Pasca Sajana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA), 2018.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

UNICEF. 2012. Child Friendly School. diunggah tanggal 5 Mei 2019 dari https://www.unicef.org/lifeskills/index_7260.html .

Utari, Ranti Eka. 2016. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Tempura Kabupaten Magelang. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 7 Volume V Tahun 2016.

VOAIndonesia.com, KPAI : Kasus Kekerasan Anak dalam Pendidikan Meningkat Tahun 2018, diperoleh tanggal 3 Februari 2019 dari https://www.voaindonesia.com/a/kpai-kasus-kekerasan-anak-dalam pendidikan-meningkat-tahun-2018/4718166.html

Winarno, Budi. 2016. Kebijakan Publik Era Globalisasi (Teori, Proses dan Studi Kasus Komparatif), CAPS, Yogyakarta

Yuliani, Wahyu Intan. 2015. Implementasi Perwali Kota Surakarta Nomor 28D Tahun 2014 Tentang Sekolah Ramah Anak (Studi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2019-11-29
Abstract views: 1158 , PDF Downloads: 2396