Keterlibatan Masyarakat dalam Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon

Authors

  • Nida Khoirun Nisa University of Indonesia
  • Roy Valiant Salomo University of Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p1-7

Abstract

Kemiskinan telah menjadi perhatian global yang perlu diperhatikan baik dari pemerintah maupun masyarakat. Masalah kemiskinan tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah semata, tetapi harus ada kontribusi dari semua pihak. Di negara berkembang dan maju, kemiskinan adalah masalah utama yang harus diperangi termasuk masalah kemiskinan di Indonesia. Hingga saat ini jumlah penduduk miskin semakin meningkat dan perlu diselesaikan serta dicari jalan keluarnya. Di Kabupaten Cirebon, Pemerintah Kabupaten Cirebon telah membuat beberapa kebijakan dalam penanggulangan kemiskinan, salah satunya adalah program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program Pemerintah Kabupaten Cirebon ini masih sangat dibutuhkan, mengingat masih banyak masyarakatnya yang berumah namun tak layak huni. Program ini berbentuk stimulan, harus ada keterlibatan dari masyarakat sekitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah guna menganalisis keterlibatan masyarakat dalam program rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat di Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon belum berjalan optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi seperti kecemburuan sosial, peran pemimpin, ketidakmerataan sosialisasi program, kesadaran individu, dan tidak aktifnya organisasi masyarakat.

Author Biographies

Nida Khoirun Nisa, University of Indonesia

Pascasarjana Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi

Roy Valiant Salomo, University of Indonesia

Pascasarjana Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi

References

Abbas, Ibnu. 2015. Evaluasi Kebijakan Pembangunan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Miskin di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Paradigma. Vol. 4, no. 2.

Berita Resmi Badan Pusat Statistik Republik Indonesia Tahun 2018.

Badan Pusat Statistik Jawa Barat Tahun 2017.

Cohen, J. and N. Uphoff. 1977. Rural Development Participation: Concepts and Measures for Project Design. Implementation and Evaluation, Ithaka: Cornel University.

Mubyarto. 2004. Kemiskinan, Pengangguran, dan Ekonom Indonesia. Jurnal Dinamika Masyarakat. Vol. III, no. 2.

Nugraha, Adi Fajar. 2014. Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH). Skripsi diterbitkan. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 tentang Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni dan Sarana Prasarana Lingkungan. Profil Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Tahun 2017.

Proposal Permohonan Bantuan Biaya Rumah Tidak Layak Huni Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Tahun 2017.

Rappaport, J. (1987). "Terms of Empowerment? Examplars of Prevention: Toward a Theory for Community Phsychology." Amercian journal of community phsychology 15(2): 121-148.

Zimmerman, M. and J. Rappaport (1988). "Citizan participation, percived control and phsychological empowerment." Amercian journal of community phsychology 16(5): 725-750.

Downloads

Additional Files

Published

2019-11-29
Abstract views: 1954 , PDF Downloads: 1607 , PDF Downloads: 0