Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Karakteristik Individu dan Pengembangan Karir Pegawai

(Improving the Quality of Public Services based on Individual Characteristics and Employee Career Development)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpsi.v6n1.p51-56

Keywords:

public service quality, career development, individual characteristics

Abstract

This study examines the impact of individual characteristics and employee career development on public service quality, both simultaneously or partially and finds the most influential variables. This research is essential since government institutions have to improve the quality of public services continuously. The research approach utilized in this study was quantitative research, with the sampling technique being saturated sampling by 42 respondents. Data analysis used multiple linear regression, including F-test, t-test, and determination-coefficients by using SPSS software. The results show a significant effect of individual characteristics and career development on public services quality. Individual characteristics and career development affect public services quality both simultaneously and partially. Individual characteristic is the dominant variable. Based on the finding, the individual characteristics of an employee and career development will improve the public services quality. The implication of this study indicates that government institutions need to provide opportunities for employees in self-development activities such as training and short course. The limitations of this study are still using two independent variables. Therefore, future research can append other variables, such as mediation or moderation variables.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu dan pengembangan karir pegawai terhadap kualitas pelayanan publik. Penelitian ini juga menguji variabel yang paling dominan mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Sebagaimana diketahui bahwa instansi pemerintah perlu terus meningkatkan kualitas layanan publiknya kepada masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan aalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 42 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, dengan melakukan uji statistik berupa uji-F, uji-t, dan koefisien determinasi. Proses analisis data dilakukan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik individu dan pengembangan karir memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Karakteristik individu dan pengembangan karir mempengaruhi kualitas layanan publik baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Karakteristik individu merupakan variabel yang paling berpengaruh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu yang terdapat pada seorang pegawai dan juga pengembangan karir akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikannya di instansi pegawai tersebut bekerja. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan perlunya lembaga pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi pegawai dalam mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti diklat dan bimtek. Penelitian ini memiliki keterbatasan yakni masih menggunakan dua variable bebas, untuk itu penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lainnya, seperti variabel mediasi maupun variabel moderasi.

Kata kunci: kualitas layanan publik, pengembangan karir, karakteristik individu

References

Ambia, N. (2018). Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 3(1), 214–262.

Asy’ari, Q. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Intelegensi dan Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja dan Pengembangan Karir Dosen (Studi Kasus Pada Universitas Islam Madura Tahun 2017). Journal Al-Manar, 7(2), 41–70. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v7i2.91

Dewi, R. F. R., & Diwanti, D. P. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus BMT Dana Insani di Gunungkidul). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dinda, K. S. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Katalogis, 5(9), 151–157.

Eriswanto, E., & Sudarma, A. (2017). Pengaruh Sikap Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik RSUD R. Syamsudin, SH. Kota Sukabumi. Seminar Nasional Dan The 4th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2017, 379–395.

Gaffar, I. D., Abduh, T., & Yantahin, M. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Di Makassar. Journal Riset, 3(5), 13–25. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Herman, M. (2018). Pengaruh Perilaku dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten dan Kota Di Provinsi Kalimantan Selatan. As Siyasah, 3(2), 51–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/as.v3i2.2090

Irawan, A. (2012). Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviors Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediator Pada Event Organizer di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(2).

Liana, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi, Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat Jawa Timur). Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 12(1), 26–32.

Mahayanti, I. G. A. K., & Sriathi, A. A. A. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, dan Karakteristik Situasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 250058.

Mandasari, A. (2014). Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat. EJournal Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 1148–1158.

Maryani. (2013). Dampak Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Kantor Daerah Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. JURNAL ILMU MANAJEMEN MASAGENA, 8(1), 206–215.

Muliana, Baharuddin, & Budiman. (2019). Pengaruh Diklat, Insentif, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. YUME Journal of Management, 2(3).

Ngatu, Y. E., & Rusmiwari, S. (2018). Pengaruh Etika Birokrasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(3), 23–30.

Parimita, W., Wahda, L. A. A., & Handaru, A. W. (2015). Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Bekasi. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 326–351. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.01

Peoni, H. (2014). Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Manado). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 3(001), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jab.3.001.2014.5715.%25p

Rehman, A. U., Ullah, M. I., & Abrar-Ul-Haq, M. (2015). The Influence of Individual Characteristics on Organization Performance and Job Satisfaction. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(1), 1–6. www.ijsrp.org

Rosyidawaty, S. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Di Telkomsel Regional Jawa Barat. E-Proceeding of Management, 5(1), 428–503.

Saputra, A. rahyu, & Hendriani, S. (2015). Pengaruh Kompetensi, Komitmen dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 7(1), 1–17.

Siagian, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Sono, M. G. (2012). Pengaruh Sistem Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai. Jurnal Ilmiah Mutiara Muhammadiyah, 2(1), 127–137. https://doi.org/10.31219/osf.io/9trua

Supardi, E. (2016). Pengembangan Karir Kontribusinya Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1680

Suparni, & Sulandari, S. (2017). Hubungan Keterampilan dan Komunikasi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purworejo. Journal of Public Policy and Management Review, 7(4), 1–15. https://doi.org/10.14710/jppmr.v7i4.21462

Wahyudi, H., Kamaluddin, M., & Sinarwati. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi, 1(2), 36–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jumbo.v1i2.8072

Wahyuni, D., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap PT. Astra International, Tbk Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1–10. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/337

Downloads

Published

2021-11-30
Abstract View: 163