Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah terbit dan/atau dalam proses pengiriman ke media publikasi manapun. Penulis bertanggung jawab atas keaslian dari naskah yang dikirim.
  • Format naskah dalam bentuk doc atau docx untuk mempermudah proses editing naskah.
  • Daftar Pustaka telah memenuhi kaidah American Psychological Association (APA). Semua referensi yang ada pada Daftar Pustaka harus digunakan dalam naskah.
  • Naskah telah disususn sesuai dengan Author Guidelines dan/atau Template Naskah (ditulis 1 kolom, spasi satu, huruf "Times New Roman", dan ukuran 11 pt)
  • Saya telah membaca, memahami, mengisi, dan menandatangani Surat Pernyataan Keaslian Tulisan. Surat ini dapat dilampirkan pada Supplementary Files atau via email pada jppp@unesa.ac.id

Author Guidelines

PEDOMAN PENULIS UNTUK

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN (JPPP)

  1. Tujuan dari Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran (JPPP) adalah untuk menerbitkan penelitian asli, pemikiran, sudut pandang, dan penyebaran pengetahuan dalam Pendidikan dan Pembelajaran.
  2. Naskah untuk JPPP sangat dianjurkan untuk dikirim secara online dengan mendaftar di situs web JPPP (http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppp). Jika Anda memiliki masalah dengan pengiriman online, Artikel dapat dikirim ke email JPPP (jppp@unesa.ac.id).
  3. Jenis naskah harus berupa hasil penelitian (artikel penelitian) atau hasil ulasan (artikel review).
  4. Naskah yang dikirim belum dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di penerbit lain. Penulis harus menyertakan Pernyataan Keaslian Naskah Naskah dalam proses pengiriman Artikel.
  5. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan panjang 9 hingga 15 halaman.
  6. Judul naskah ditulis dalam bahasa Inggris (Times New Roman, ukuran 12, tebal) dan Bahasa Indonesia (Times New Roman, ukuran 11, tebal).
  7. Nama penulis (tanpa gelar) harus disertai dengan nama lengkap, afiliasi, dan email masing-masing penulis.
  8. Abstrak adalah dalam bentuk paragraf, yang terdiri dari atas 200-250 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak menggunakan Times New Roman, ukuran 11, Italic. Abstrak berisi pendahuluan singkat, tujuan penelitian, metode singkat, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Abstrak ditulis singkat, padat, dan jelas. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di template JPPP.
  9. Kata kunci (maksimum 5 kata) terletak di bawah abstrak dan ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  10. Naskah (Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Diskusi, dan Kesimpulan) menggunakan Times New Roman ukuran 12, spasi 1 baris, ukuran kertas A4 (210 x 297 mm) dengan margin 2,25 cm di setiap sisi kecuali sisi kiri ( 2,5 cm). Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di Template.
  11. Artikel yang dikirim ke JPPP berasal dari artikel penelitian asli (artikel orisinalitas atau keadaan seni harus disebutkan di bagian pendahuluan) atau ulasan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran (lihat lingkup dalam JPPP).
  12. Artikel penelitian harus berisi judul, nama penulis, afiliasi / lembaga, email, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan diskusi, kesimpulan dan saran, ucapan terima kasih, dan referensi.
  13. Artikel ulasan berisi judul, nama penulis, afiliasi / lembaga, email, abstrak, kata kunci, pengantar, diskusi, kesimpulan, ucapan terima kasih, dan referensi.
  14. Paragraf ini ditulis dengan justifikasi. Paragraf diberikan 5 karakter untuk indentasi kiri.
  15. Judul gambar menggunakan Times New Roman ukuran 10, perataan tengah, 1 spasi, dan ditempatkan di bagian bawah gambar.
  16. Tabel diketik dalam 1 spasi spasi, tempat desimal digunakan sebagai referensi posisi, dan nol harus dinyatakan (mis., 0,333 dan bukan 0,33). Kolom dan baris dalam tabel harus diberi judul. Judul tabel ditulis dengan huruf kapital untuk huruf pertama dari setiap kata. Judul tabel ditempatkan di bagian atas tabel. Ukuran font 10 pt atau dapat disesuaikan. Contoh format tabel dapat dilihat di Templat.
  17. Diagram, skema, bagan, atau diagram alur menggunakan Times New Roman, 1 spasi. Ukuran font 10 pt atau dapat disesuaikan.
  18. Persamaan diberi nomor dengan angka di sebelah kanan dalam tanda kurung. Persamaan harus menggunakan Sistem Internasional (SI) dan singkatan standarnya. Tanda desimal menggunakan periode untuk artikel dalam bahasa Inggris (contoh: 0,5). Singkatan harus dihindari kecuali mereka telah didefinisikan sebelumnya atau singkatan yang umum digunakan. Catatan kaki tidak diperbolehkan.
  19. Setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat memengaruhi hasil atau interpretasi penelitian harus dituliskan dalam naskah. Semua sumber dukungan finansial atau non-finansial untuk penelitian juga harus ditulis di bagian Ucapan Terima Kasih.
  20. Pendahuluan berisi state the art, gap analysis, dan tujuan penelitian. State of the art membahas penelitian-penelitian sejenis yang telah dilakukan. Penulis wajib mensitasi minimal 10 artikel ilmiah agar memiliki state of the art yang baik. Setelah membahas penelitian-penelitian yang relevan, dilakukan analisis masalah yang akan dimunculkan penelitian pada bagian gap analysis. Gap analysis merupakan pernyataan mengapa penelitian perlu dilakukan dan mencerminkan kebaruan dari penelitian. Bagian akhir dari pendahuluan adalah pernyataan tujuan dari penelitian. Dalam pendahuluan, tidak perlu definisi umum dan/atau teori yang banyak mengingat pembaca dari jurnal adalah komunitas ilmiah bukan masyarakat umum.
  21. Metode penelitian ditulis secara lengkap dan mendetail sehingga penelitian dapat diulangi oleh peneliti lain (reproducible) untuk konfirmasi dan klarifikasi. Metode umum tidak perlu dituliskan secara mendetail. Pada bagian ini berisi desain penelitian, teknik pengumpulan data, sumber data atau partisipan, dan teknik analisis data.
  22. Hasil meringkas temuan dari penelitian. Pada bagian ini, tidak perlu menuliskan hasil penelitian secara mendetail. Hasil juga dapat berasal dari analisis data (berupa table atau grafik) atau uji hipotesis. Data pada hasil digunakan untuk mendukung pembahasan.
  23. Pembahasan merupakan bagian yang paling penting dalam artikel ilmiah. Bagian ini harus menjawab permasalahan, menginterpretasi hasil penelitian dan temuan penelitian ke dalam pengetahuan yang telah ada, mengkonfirmasi dan/atau mempertentangkan hasil penelitian dengan penelitian yang telah ada, menyusun teori baru, dan/atau memodifikasi teori yang telah ada.
  24. Hasil dan Pembahasan harus menjawab pertanyaan what, why, dan what else. Temuan penelitian harus dituliskan dan dibahas secara jelas. Lebih lanjut, temuan penelitian dibandingkan dengan teori dan penelitian yang sdah ada dan didiskusikan secara komprehensif. Dengan demikian, perlu banyak sitasi (minimal 5 referensi) pada bagian pembahasan. Pada paragraph akhir, perlu dituliskan implikasi dari hasil penelitian terhadap bidang keilmuan.
  25. Persamaan matematis ditulis menggunakan Microsoft Equation Editor atau Design Science: MathType - Equation Editor. Nomor persamaan ditulis di sisi kanan persamaan dengan urutan sesuai dengan urutan kemunculan dari persamaan tersebut.
  26. Gambar, grafik, diagram, maupun bagan dituliskan dengan judul diletakkan pada bagian bawah objek tersebut seperti Gambar 1.
  27. Gambar, grafik, diagram, bagan, tabel harus dirujuk dalam pembahasan. Tabel dituliskan dengan judulĀ  diletakkan pada bagian atas tabel seperti pada Tabel 1.
  28. Kesimpulan dituliskan dalam bentuk paragraf. Kesimpulan harus singkat, tidak menjelaskan kembali hasil penelitian, dan menjawab permasalahan penelitian. Tidak perlu menuliskan saran pada bagian ini. Kesimpulan harus mampu menjawab tujuan / pertanyaan penelitian dan tidak boleh mengulangi abstrak atau hanya menulis ulang hasil eksperimen.
  29. Ucapan terima kasih ditujukan kepada seseorang, kelompok, dan/atau lembaga/institusi yang membantu penelitian. Jika penelitian didanaioleh dana hibah, jenis hibah dan nomor kontrak hibah wajib dituliskan dalam bagian ini.
  30. Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Jumlah referensi di daftar pustaka minimal 15 referensi dengan ketentuan lebih dari 80% berasal dari artikel ilmiah yang terbit di Jurnal Nasional atau Internasional yang mutakhir (kurang dari 10 tahun). Penulisan daftar pustaka ssangat dirokemdasikan dengan menggunakan software Mendeley, End Note, atau Zotero dengan style APA.
  31. Semua artikel yang dikirim ke JPPP akan dibaca dan ditinjau secara membabi buta (double blind peer review) oleh (minimal) 2 Peer-review yang ahli dalam bidangnya. Penerimaan naskah tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran isi, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan jurnal.
  32. Dewan redaksi berwenang untuk menerima, mengembalikan naskah untuk direvisi, dan / atau menolak naskah yang dikirimkan.
  33. Template dapat diunduh dari http://journal.unesa.ac.id/index.php/JPPP. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Dewan Editorial JPPP melalui email JPPP@unesa.ac.id.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.