About the Journal

Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP) didedikasikan kepada Guru, Dosen, dan Tenaga Pendidik untuk mempublikasikan hasil penelitian terbaru di bidang Pendidikan dan Pembelajaran. JPPP diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya. JPPP terbit dua kali dalam satu tahun dengan jumlah artikel minimal 5 artikel setiap terbitan.

Informasi Jurnal

  1. Nama Jurnal: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP)
  2. Inisial Jurnal: JPPP
  3. Singkatan: J. Penelit. Pend. Pembel.
  4. Frekwensi2 nomor per tahun
  5. DOI: Proses
  6. ISSN Cetak2723-3332
  7. ISSN Online2723-3340  
  8. Ketua Editor: Dr.Binar Kurnia Prahani, M.Pd.
  9. Penerbit: Universitas Negeri Surabaya
  10. Status: Jurnal Nasional

Focus and Scope

Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP) menerima artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Adapun ruang lingkup dari jurnal ini meliputi:

  1. Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
  2. Asesmen dan Evaluasi
  3. Media Pembelajaran
  4. Konsep dan Miskonsepsi
  5. Filosofi Pendidikan
  6. Kurikulum
  7. Psikologi Pendidikan
  8. Penelitian Tindakan Kelas
  9. Teknologi Pendidikan
  10. Manajemen Pendidikan
  11. Pengembangan Kurikulum
  12. Pengembangan Pendidikan
  13. Penelitian Pengembangan

Peer Review Process

Semua naskah yang masuk di Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP) akan direview secara blind (single blind review) oleh tim Reviewer yang ahli di bidang pendidikan. Kriteria penerimaan naskah bergantung dari kebaruan penelitian, kebenaran isi materi, orisinalitas, kejelasan penulisan naskah, dan kesesuaian dengan topik dan tujuan jurnal. Keputusan publikasi naskah oleh Editor bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Publication Frequency

Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP) didedikasikan kepada Guru, Dosen, dan Tenaga Pendidik untuk mempublikasikan hasil penelitian terbaru di bidang Pendidikan dan Pembelajaran. JPPP diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya. JPPP terbit dua kali dalam satu tahun dengan jumlah artikel minimal 5 artikel setiap terbitan. JPPP terbit bulan April dan Oktober

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Kebijakan Anti-Plagiarisme

Semua naskah yang dikirimkan ke Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP) harus pekerjaan orisinal dari penulis (bebas plagiarisme). Naskah yang dikirim belum pernah terbit dan/atau dalam proses pengiriman ke media publikasi manapun. Penulis bertanggung jawab atas keaslian dari naskah yang dikirim. Semua naskah yang masuk akan dilakukan pengecekan dengan software pengecekan similarity (Turnitin dan/atau iThenticate). Naskah dengan tingkat similarity/plagiasi yang tinggi akan ditolak dan dapat kami lakukan blacklist penulis.

Software Manajemen Referensi

Semua naskah yang masuk di Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JPPP) sebaiknya menggunakan software manajemen referensi (misalnya Mendeley, EndNote, dan Zotero) dengan gaya sitasi American Psychological Association (APA).