Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat Sederhana

Authors

  • Nevi Retnoasih UPT SMP Negeri 2 Nglegok Kabupaten Blitar Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v2n2.p48-53

Abstract

Perkembangan menyongsong abad 21 menuntut pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk dapat transfer pengetahuan, berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah. Data di lapangan menunjukkan hasil UN tahun 2018 masih lemah. Hal ini terjadi dikarenakan penilaian UN mulai ditingkatkan penilaian HOTS sedangkan pembelajarannya belum HOTS. Kreatifitas guru diperlukan
mewujudkan pembelajaran HOTS dengan membuat alat sederhana untuk membantu mewujudkan pembelajaran HOTS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran HOTS IPA mengunakan alat sederhana dapat meningkatkan pencapaian peserta didik pada kompetensi yang dipelajari.
Metode penelitian yang dilakukan meliputi: menganalisis Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai, merancang alat sederhana yang akan digunakan, merancang strategi belajar yang akan dilakukan, menentukan penilaian untuk mengukur keberhasilan peserta didik dan melakukan observasi pembelajaran. Hasil analisis KD di
dapatkan materi ekosistem dengan kartu bermain Ekosistem, uji asam basa dengan indikator yang dapat dibuat sendiri dari bahan alam, materi zat aditif dengan tusuk gigi berlumur kunyit untuk uji boraks pada tahu dan bakso, dan materi zat adiktif dengan media sederhana paru-paru tiruan pendeteksi tar pada asap rokok. Kesimpulan yang diperoleh dari implementasi pembelajaran HOTS IPA dengan gunakan alat sederhanan dapat mengajak peserta didik menemukan konsep sendiri dalam belajar, melatih peserta didik peka dalam ikut menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungannya, melakukan belajar dengan menemukan konsep atau mengaplikasikan konsep yang dipelajari secara langsung sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna.

 

The development of the 21st century demands the learning of HOTS (Higher Order Thinking Skill) to transfer knowledge, critically thinking and creatively in problem solving. Data in the field shows that the 2018 national exam results are still weak. This happened because the assessment of the national exam began to improve HOTS while the learning was not yet on the national exam. Teacher creativity is needed to realize HOTS learning by making simple tools to help realize HOTS learning. The purpose of this study is to find out how HOTS science learning using simple tools can improve student achievement in the competencies being learned. The research methods carried out include: analyzing the appropriate basic
competencies, designing simple tools to be used, designing learning strategies to be carried out, determining assessments to measure student success and observing learning. Basic competencies analysis results obtained in the ecosystem material with ecosystem playing cards, acid-base test with indicators that can be
made from natural materials, additive material with turmeric-covered toothpicks for borax tests on tofu and meatballs, and addictive substances with simple pulmonary media artificial lung detection of tar in cigarette smoke. The conclusion obtained from the implementation of HOTS Science learning by using simple tools
can invite students to find their own concepts in learning, train students to be sensitive in participating in solving problems that occur in their environment, to learn by finding concepts or applying concepts that are learned directly so that learning becomes fun and meaningful.



References

Ariana, Yoki dkk, 2018. Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Jakarta: Dirjend GTK
Kemdikbud.

____________ 2003. UU No 20. Sistem Pendidikan Nasiona.Jakarta: Kemdikbud.

Setiawati, Wiwik. dkk, 2018 Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills, Jakarta: Dirjend GTK Kemdikbud.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Ulfah, Arini Hidayati, 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Terampil. Vol. 4 Nomor 2
Oktober 2017: 147

Widodo, Wahono dkk, 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi revisi, Cetakan ke 4, Jakarta: Kemdikbud.

Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad Ke-21 Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jakarta.

Zubaidah, Siti dkk, 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi, Cetakan ke 2, Jakarta: Kemdikbud.

Downloads

Published

2020-03-02
Abstract views: 8471 , PDF Downloads: 3894