Profil Keefektifan Buku Ajar Berbasis Etnoekologi pada Materi Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X

Authors

  • Virlya Citra Dewi Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v2n1.p%25p

Abstract

Etnoekologi adalah pendekatan yang mengeksplorasi hubungan antara pikiran dan perilaku manusia dengan mitos, budaya, legenda atau kebiasaan yang berkembang di daerah tersebut, sebagai bentuk hubungan masyarakat dengan lingkungan. Pembelajaran berbasis etnoekologi adalah salah satu langkah untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas buku teks berbasis etnoekologi pada bahan daur ulang lingkungan/perubahan iklim dan pembuangan limbah untuk mengajarkan keterampilan berpikir kritis kepada siswa kelas X. Buku tek tersebut diuji coba dengan melibatkan 30 siswa di SMA Kalidawir 1. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan proses pembelajaran, buku teks yang dinyatakan secara efektif dievaluasi oleh prestasi siswa yang bekerja pada karakteristik etnoekologis, hasil belajar, 87,22% siswa dinyatakan lengkap dan 93,86% siswa merespons positif.

Kata kunci: etnoekologi, keefektifan, perubahan lingkungan, iklim, dan daur ulang limbah

 

Ethnoecology is an approach that explores the relationship between human thoughts and behavior with myths, cultures, legends or habits that develop in the area, as a form of community relations with the environment. Ethnoecology-based learning is one step to meet the demands of the 2013 curriculum. This study aims to illustrate the effectiveness of ethnoecology-based textbooks on environmental recycling/climate change materials and waste disposal to teach critical thinking skills to class X students. The tech book was tested with involved 30 students at Kalidawir High School 1. The research data were analyzed qualitatively. Based on the learning process, textbooks that are declared effectively evaluated by the achievements of students working on ethnoecological characteristics, learning outcomes, 87.22% of students are declared complete and 93.86% of students respond positively.

Keywords:  ethnoecology, effectivity, environmental changes, climate, and waste recycling

 

References

Ali, A.M., Rachmadiarti, F., & Wisanti. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Ekosistem Berbasis Inkuiri Untuk Menunjang Kurikulum 2013.Bio Edu. 3(3)

Chun, M. 2010. Taking Teaching to (Performance) Task : Linking Pedagogical and Assesment Practices. Change. 42(2): 3-14

Djamarah & Bahri, S. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djufri, Yunus,Y., & Juairiah. 2014. Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Spermatophyta. Jurnal Biologi Edukasi. 6(2) : 83-88

Facione, P.A. 2011. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae, CA: The California Academic Press

Halbert M.D., Rui S. S. M. 2015. Ethnoecology in Perspective: The Origins, Interfaces and Current Trends of A Growing Field. Journal of Ethnobiology. 65(1): 112-124.

Hilmanto, R. 2010. Etnoekologi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Isnawati & Subekti, H. 2013. Miskonsepsi Sains. Surabaya: UNESA University Press.

Lowery, Roger C. 2005. Teaching and Learning with Interactive Student Response Systems: A Comparison of Commercial Products in the Higher-Education Market. (Online). lowery@uncw.edu. Diakses Pada Tanggal 20 November 2017.

Nurdiansyah, M.F. 2011. Analisis Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas V Sekolah Dasar (SD). Jurnal. Malang: UM.

Pedreoso, J.N.N., Sato, N. 2005. Ethnoecology And Conservation In Protected Natural Areas: Incorporating Local Knowledge In Superagui National Park Management. Brazil J Biol. 65(1): 117-127.

Pithers, R.T., Soden, R. 2000. Critical Thinking in Education : A Review. Educational Research. 4(3) : 237-249

Thompson, Claudette. 2011. Critical Thinking Across The Curriculum : Process Over Output. International Journal of Humanities and Science.1(9).

Savery, J.R. 2009. Problem-Based Approch to Instruction. In Reigeluth, C.M and Carr-Chellman (Eds.). Instructional Design Theories and Models (pp.143-165). New York : Routledge

Suhermiati, I., Indana, S., & Rahayu, S.Y., 2015. Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Sintesis Protein Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Siswa. 4(3)

Supratiknya, A. 2012. Penialian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.

Downloads

Published

2019-11-06

Issue

Section

Articles
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 410