Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home

Authors

  • Novenia Hizkia Wulansari Universitas Negeri Surabaya
  • Janet Trineke Manoy Mathematics Department, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81

Abstract

Baru baru ini dunia dihebohkan dengan wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina. Virus corona ini sangat berbahaya karena sejauh ini belum ditemukan obat atau vaksin. Virus ini sangat cepat penyebarannya karena menyerang saluran pernafasan manusia jadi dapat menyebar melalui udara. WHO telah menetapkan virus ini sebagai penyakit pandemik karena telah menyerang berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Beberapa bidang di Indonesia juga ikut terdampak akibat virus ini, tak terkecuali di bidang pendidikan. Proses pembelajaran di sekolah harus terhenti dan siswa harus belajar di rumah (study at home), hal ini akan berpengaruh pada motivasi dan minat belajar siswa. Artikel ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa selama study at home. Metode yang diterapkan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 4 SMAN 16 Surabaya yang berjumlah 29 siswa. Data diperoleh melalui angket yang kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil uji hipotesis, yaitu 1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa selama study at home, 2) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa selama study at home, 3) Mengatahui pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa selama study at home.

Kata kunci: Motivasi belajar, minat belajar, prestasi belajar, study at home

Recently the world was shocked by the corona virus outbreak which originated in Wuhan, China. This corona virus is very dangerous because so far no drug or vaccine has been found. This virus spreads very quickly because it attacks the human respiratory tract so it can spread through the air. WHO has designated this virus as a pandemic disease because it has attacked various countries in the world, including Indonesia. Several fields in Indonesia have also been affected by this virus, including in the field of education. The learning process at school must stop and students must study at home, this will affect students' motivation and interest in learning. This article aims to examine the effect of student motivation and interest in student learning achievement during study at home. The method applied is quantitative research methods with ex post facto research. The sample of this research is the students of class XI MIA 4 SMAN 16 Surabaya, amounting to 29 students. The data were obtained through a questionnaire, then the data were analyzed descriptively. The results of hypothesis testing are 1) Knowing the effect of learning motivation on student achievement during study at home, 2) Knowing the effect of interest in learning on student achievement during study at home, 3) Determining the effect of motivation and interest in student learning on student achievement during study at home.

Keywords: Interest In Learning Motivation, Achievement, Learning Math, study at home

 

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badaruddin, A. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Klasikal. CV Abe Kreatifindo Dahlan, M. S. (2009). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan: deskriptif, bivariat dan multivariat, dilengkapi dengan menggunakan SPSS. Jakarta: Salemba Medika.

DIKDAS,GTK. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/pembelajaran-jarak-jauh-selama-masa-pandemi (diakses tanggal 18 September 2020).

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heriyati, H. 2017. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol 7(1): Hal 22-32

Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Kurniadi. 2020. Menyiapkan Pendidikan Menuju Normal Baru. https://www.untan.ac.id/menyiapkan-pendidikan-menuju-normal-baru/ (diakses tanggal 18 September 2020)

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187.

Nimah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling œSekolah Dolan". Manajemen Pendidikan, 25(1), 112119

Noesgaard, S. S., & Ørngreen, R. (2015). The effectiveness of e-learning: An explorative and integrative review of the definitions, methodologies and factors that promote e-Learning effectiveness. Electronic Journal of E-Learning, 13(4), 278290

Rahim, U. (2010). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Melalui Pendekatan Struktural Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII2 SMPN 4 Kendari. Jurnal MIPMIPA, 9(1).

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H.2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Santoso, S. (2014). Panduan Lengkap SPSS versi 20 edisi revisi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Siagian, R.E.F., 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Siregar, S. (2015). Statistika terapan untuk perguruan tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sofyan, H., & Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Penerapannya dalam penelitian. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 259-277.

Widiyanto, B. (2010). Populasi dan Sampel Penelitian. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

Published

2021-01-21
Abstract views: 5537 , PDF Downloads: 4905