Representasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif

Authors

  • Herman Yosep Wisnu Kristanto Universitas Negeri Surabaya
  • Janet Trineke Manoy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p50-60

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa SMA dalam menyelesaiakan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif sistematis dan intuitif. Subjek dalam penelitian ini, yaitu dua siswa kelas XI yang terdiri dari satu siswa bergaya kognitif sistematis dan satu siswa bergaya kognitif intuitif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes gaya kognitif dan tes representasi matematis. Penelitian diawali dengan pemilihan subjek melalui tes gaya kognitif, kemudian subjek yang telah terpilih diberikan tes representasi matematis dan dilakukan wawancara tertulis. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data yang melalui tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan representasi matematis siswa bergaya kognitif sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika, yaitu pada tahap memahami masalah menggunakan representasi verbal, pada tahap menyusun rencana penyelesaian menggunakan kombinasi antara representasi simbolik dan representasi verbal, pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian menggunakan representasi simbolik dan representasi verbal, dan pada tahap memeriksa kembali penyelesaian menggunakan representasi verbal. Sedangkan representasi matematis siswa bergaya kognitif intuitif dalam menyelesaikan masalah matematika, yaitu pada tahap memahami masalah menggunakan representasi visual, pada tahap menyusun rencana penyelesaian menggunakan representasi simbolik, pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian menggunakan representasi simbolik, dan tidak menunjukkan representasi matematis pada tahap memeriksa kembali penyelesaian. 

 

This research is descriptive-qualitative research that aimed to describe the mathematical representation of high school students in solving mathematical problems in terms of systematic and intuitive cognitive style. The subject of this research is two eleventh grade students, consists of one student with systematic cognitive style and one student with intuitive cognitive style. The research instruments used in this research are cognitive style test and mathematical representation test. Research starts by choosing the subject by cognitive style test, and then the subjects that have been chosen were given mathematical representation test and did written interview. The data obtained were analyzed with data analysis techniques, namely data condensation, data display, and drawing and verifying conclusions. Results of this research show the mathematical representation of student with systematic cognitive style on solving problems are verbal representation when understanding the problem, combination of symbolic and verbal representation when devising a plan, symbolic representation and verbal representation when carrying out the plan, and verbal representation when looking back. While the mathematical representation of student with intuitive cognitive style on solving problem are visual representation when understanding the problem, symbolic representation when devising a plan, symbolic representation when carrying out the plan, and not show mathematical representation when looking back.

Author Biography

Janet Trineke Manoy, Universitas Negeri Surabaya

Mathematics Department

References

Chen, Sherry Y. dan Chang, Li-Ping. 2014. œThe Influences of Cognitive Styles on Individual Learning and Collaborative Learning. Innovations in Education and Teaching International. Vol. 53 (4), 458-471.

Christoper, Allinson dan Hayes, John. 2012. The Cognitive Style Index-Technical Manual and User Guide. United Kingdom: Pearson.
Dirgantari, Dika. 2017. œUpaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Spontaneous Group Discussion. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika. Vol. 30 (3), 267-272.

Fitria, Neng Fia Nisa, Hidayani, Nurul, Hendriana, Heris dan Risma Amelia. 2018. œAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8 (1), 49-57.

Fuad, M. Nasrul. 2016. œRepresentasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 7 (2), 145-152.

Hidayat, Akhmad Faisal, Amin, Siti Maghfirotun dan Yusuf Fuad. 2017. œProfil Penalaran Proporsional Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 8 (2), 162-170.

Hutagaol, Kartini. 2013. œPembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal. Vol. 2 (1), 85-99.

Jena, P. Chandra. 2014. œCognitive Styles and Problem Solving Ability of Under Graduate Students. International Journal of Education and Psychological Research. Vol. 3 (2), 71-76.

Kartini. 2009. œPeranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009.

Kusumawardani, Harnum Diah dan Budiarto, Mega Teguh. 2019. œRepresentasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsive-Reflective. MATHEdunesa. Vol. 8 (2), 27-33.

Lette, Imelda dan Manoy, Janet Trineke. 2019. œRepresentasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa. Vol. 8 (3), 569-575.

Manoy, J. T. 2018. œElementary Students Representations in Solving Word Problems. Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1088 (1), 012017.

Martin, Lorna P. 1998. œThe Cognitive-Style Inventory. The Pfeiffer Library. Vol. 8 (2).

Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael dan Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. London: SAGE Publications.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Polya, G. 1973. How To Solve It A New Aspect of Mathematical Metod, Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Putri, Luvia Febryani dan Manoy, Janet Trineke. 2013. œIdentifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. MATHEdunesa. Vol. 2 (1), 1-8.

Raffaldi, Silvia, Iannello, Paola, Vittani, Laura, dan Alessandro Antonietti. 2012. œDecision-Making Styles in the Workplace: Relationships Between Self-Report Questionnaires and a Contextualized Measure of the Analytical-Systematic Versus Global-Intuitive Approach. Sage Open. Vol. 2 (2), 1-11.

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2013. œRepresentasi Matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. Vol. 1 (2), 49-61.

Rosyada, Amrina dan Rosyidi, Abdul Haris. 2018. œProfil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Terbuka Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. MATHEdunesa. Vol. 7 (2), 299-307.

Sadiqin, Ikhwan Khairu, Istyadji, Maya, and Atiek Winarti. 2017. œMengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol. 8 (1), 27-35.
Schleicher, Andreas. 2019. PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Tyas, Wahyu Handining, Sujadi, Imam dan Riyadi. 2016. œRepresentasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial dan Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 4 (8), 781-792.

Wigati dan Sutriyono. 2017. œDeskripsi Penggunaan Otak Kiri dan Otak Kanan pada Pembelajaran Matematika Materi Pola bagi Siswa SMP. e-Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 1 (10), 1021-1030.

Yohanes, Rudi Santoso. 2013. œProses Berpikir Dua Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Dominasi Otak Kiri dan Otak Kanan. Jurnal Widya Warta. Vol. 37 (1), 12-26.

Downloads

Published

2021-01-21
Abstract views: 345 , PDF Downloads: 409