Pengaruh Musik Pop Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Topik Barisan Dan Deret

Authors

  • Auliaul Haque Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Kurnia Sari Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Siti M Amin Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p15-21

Abstract

Abstrak ” Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah musik pop berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMA. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas XI SMAN 1 Pamekasan semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi aplikasi barisan dan deret. Jenis penelitian ini berupa eskperimen dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah post-test berupa tes hasil belajar dengan lima soal uraian. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji homogenitas terlebih dahulu menggunakan data nilai ulangan sebelumnya. Kemudian diperoleh bahwa kedua kelas homogen. Pada perhitungan nilai post-test dengan SPSS diketahui bahwa nilai sinignifikansi < α yaitu sebesar 0,047 sedangkan nilai α = 0,05, yang menandakan bahwa musik pop berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa yang diperoleh, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi yaitu sebesar 84,61 daripada kelas kontrol yaitu sebesar 76,16. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa musik pop berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar matematika siswa sehingga dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran.

Kata kunci: Musik Pop, Hasil Belajar Siswa, Barisan dan Deret

 

Abstract ” This study aims to determine whether pop music has an effect on Mathematics student learning outcomes. This research was conducted of Class XI at SMAN 1 Pamekasan of sequence and series application matter. This research was experimental research with a Post-test Only Control Design. The technique to collect data used a post-test that consisting of five descriptive questions. The experimental class and the control class were homogeneity tested first using the previous test data. Then it is obtained that both classes are homogeneous. In the calculation of the post-test value with SPSS, it is known that the significance value <α is 0.047 while the value of α = 0.05, which indicates that pop music has a significant effect on learning outcomes. There are differences in significant learning outcomes in the experimental class and the control class. The experimental class had a higher average learning outcome of 84.61 than the average of the control class of 76.16. Based on research data, it can be concluded that pop music has a positive effect on student mathematics learning outcomes so it can be used as an alternative learning strategy.

Keywords: Pop Music, Learning Outcomes, Sequence and Serie

References

Aritonang, Keke. 2008. "Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Penabur 11-21.

Chou, Ming, and Peter Tze. 2010. "Attention drainage effect: How background music effects concentration in Taiwanese college students." Journal of the Scholarship of Teaching and Learning 36-46.

Fika, Ariani. 2008. Pengaruh Musik dan Intelegensi Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Kompleks SD Jalan Halat Medan. Medan: UNIMED.

Grimonia, Eya. 2014. Dunia Musik (Sains-Musik Untuk Kebaikan Hidup). Bandung: NUANSA CENDEKIA.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2019. Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Accessed September 25, 2019. http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/.

Natalia, Dian. 2013. Terapi Musik Bidang Keperawatan. Jakarta: Mitra Wacana Media. Pramudhita, Ria, Chatarina. 2019. "Hubungan Kebiasaan Mendengarkan Musik, Pemanfaatannya Saat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI di SMK Pika Semarang." Digilib UNNES.

Prasetya, Indra , Tri. 2012. "Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guruguru IPA SMPN Kota Magelang." Journal of Educational Research and Evaluation 106-112.

Ricardo. 2017. "Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 79-92.
Rosidah, Cholifatur. 2012. "Pengaruh musik klasik dan musik pop terhadap kinerja peserta tes matematika: Studi eksperimen kelas X di MAN MojosariMojokerto." Electronic Theses.

Salim, Danny. 2010. "Pengaruh Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas 12 SMUK Salatiga." Jurnal Musik 23-32.

Sarosa, Aradea. 2002. "Pengaruh musik pop Indonesia terhadap prestasi belajar matematika siswa SLTP kelas I." Repository Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Silalahi, Marina. 2017. Konsumsi Media Gen Z. Accessed Januari 6, 2020. https://mix.co.id/marcomm/newstrend/konsumsi-media-gen-z/.

Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Grasindo.

Sumargiyani, and Iqna, Muhammad Hibatallah. 2018. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI IPA MA Ali Maksum." Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia 891-900.

Taher, Dahlan. 2009. Sejarah musik 2. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-01-19
Abstract views: 2955 , PDF Downloads: 2247