Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal

Authors

  • Ulfatun Nisa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Rini Setianingsih Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p89-100

Abstract

Abstrak ” Kemampuan komunikasi matematis dalam belajar matematika sangat dibutuhkan oleh siswa karena melalui komunikasi, siswa dapat mengekspresikan ide-ide atau pikiran mereka tentang matematika secara lisan ataupun tulisan. Sementara itu, ada perbedaan kecerdasan siswa, salah satunya kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, yang memungkinkan adanya beberapa perbedaan kemampuan komunikasi tulis dan lisan mereka dalam menyelesaikan soal statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan tingkat kecerdasan intrapersonal dan interpersonal yang dimiliki oleh siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa, dengan satu siswa diantaranya memiliki kecerdasan intrapersonal dan interpersonal kategori tinggi, satu siswa memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi namun kecerdasan interpersonal rendah, satu siswa dengan tingkat kecerdasan intrapersonal rendah namun kecerdasan interpersonal tinggi, dan satu siswa lainnya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah pada intrapersonal dan interpersonal. Pengelompokan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal ditentukan melalui skor pada instrumen pengukuran kecerdasan intrapersonal dan interpersonal masing-masing siswa. Keempat siswa tersebut diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk memperoleh data kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan deskripsi dan hasil analisis dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal dan interpersonal dapat mempengaruhi siswa saat menyelesaikan soal statistika. Oleh karena itu penting bagi siswa dan guru untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis agar dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam menyelesaikan soal statistika.


Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Soal Statistika, Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal



Abstract ” Mathematical communication skills are needed by students in learning mathematics because through communication, students can express their ideas or thoughts about mathematics in writing or orally. Meanwhile, there are differences in student intelligence, one of which is intrapersonal and interpersonal intelligence, which allows for some differences in their written and verbal communication skills in solving statistical problems. This study aims to describe the mathematical communication skills of students in solving statistical problems based on the level of intrapersonal and interpersonal intelligence possessed by students. The instruments used in this study were intrapersonal and interpersonal intelligence questionnaires, mathematical communication skills test questions, and interviews. The subjects in this study were four students, one student with high intrapersonal and interpersonal intelligence, low students with low intrapersonal and interpersonal intelligence, one student with low intrapersonal and high interpersonal intelligence, and one student with low intrapersonal and interpersonal intelligence. The grouping of intrapersonal and interpersonal intelligence is determined through each student's intrapersonal and interpersonal intelligence questionnaire. The four students were given a mathematical communication ability test to obtain data on mathematical communication skillsBased on the description and analysis results in this study, it shows that intrapersonal and interpersonal intelligence can influence students when solving statistical problems. Therefore it is important for students and teachers to know the mathematical communication skills in order to improve understanding and ability to solve statistical problems.


Keywords: Mathematical Communication Skills, Statistics Questions, Intrapersonal and Interpersonal Intelligence

References

Awaludin. 2017. Profil Penalaran Kreatif Siswa SMP Pada Materi Statistika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Unnes.

Barber, B. 2005. œPositive Interpersonal and Intrapersonal Functioning: An Assesment of Measures among Adolescents. In Kristin A. M. & Laura H. L (Ed.). 2005. What Do Children Need to Flourish. New York: Springer Science and Bussines Media

Boediono dan Koster, W. 2004. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probailitas. Bandung: Remaj Rosdakarya.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Febriyanti, R. 2018. œStudents Mathematical Communication Abilities in Mathematical Problem Solving Viewed from Intrapersonal and Interpersonal Intelligences. Jurnal Mathedunesa. Vol. 7(1)

Handayani L. S., Syafriandi, & Mirna. 2016. Pengaruh Metode Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMA, (online), (ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1206/898, downloaded 03 November 2019)

Kaselin, Sukestiyarno, & Waluya, B. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika, (online), (https://journal.unnes.ac.id/
sju/index.php/ujmer/article/view /2700, downloaded 03 November 2019)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 2013. Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., & Sim, C. 2008. How to Multiply Your Childs Intelligence. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang

Moore, M. G. (1997). Handbook of Distance Education: Second Edition. USA: Lawrence Erlbaum Associates.

Morrale, S. P dan Pearson, J. 2008. œWhy Communication Education is Important: The Centrality of the Discipline in the 21st Century. Journal Communication Education. Vol. 57 (2): pp. 224-240.

National Council of Teacher of Mathematics. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, Virginia:
NCTM

National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Organization of Economic and Cooperation Development. 2013. Draft Mathematics Framework. PISA.

Rausch, A. 2017. œComplexity, Accuracy, Fluency as a Communication Paradigm: From Theory to Instructional Curriculum. Japanese Journal of Communication Studies. Vol. 45 (2): pp. 115-127.

Rumsey, D. 2002. œStatistical Literacy as a Goal for Introductory Statistics Courses. Journal of Statistics Education, (Online), Vol. 10(3).

Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Saiman, S. 2016. œAnalisis Kesulitan Siswa dalam Belajar Statistik Khususnya pada Histogram. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.5(2).

UNESA. 2017. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Zubaidah, S. 2016. œKeterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dengan tema œIsu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. Sintang-Kalimantan Barat: ResearchGate.

Downloads

Published

2021-01-19
Abstract views: 845 , PDF Downloads: 651