EFFORTS TO IMPROVE THE RESULTS OF PHYSICS LEARNING WITH THE MIND MAPPING METHOD

Authors

  • Ika Vidiasari Aristawati SMKN 1 Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v5n2.p75-79

Keywords:

Hasil belajar, Fisika, Metode Peta Konsep

Abstract

Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian adaptasi dari gabungan Sanford dan Kemmis. Tujuan penelitian pembelajaran dengan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik dalam aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas X MM 01 sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data berupa hasil belajar dalam bentuk penilaian aspek keterampilan dan pengetahuan dengan menggunakan instrumen yang sesuai. Hasil tes pada siklus I berdasarkan data perolehan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 63,89% dengan rata-rata hasil perolehan nilai 66,67. Prosentase ketuntasan tersebut masih di bawah standar ketuntasan minimun secara klasikal. Penilaian keterampilan mencapai prosentase 66,67% dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 66,44. Hasil tes pada siklus II berdasarkan data perolehan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 83,33% dengan rata-rata hasil perolehan nilai 75,37. Penilaian keterampilan mencapai prosentase  80,56% dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 75,23. Berdasarkan perolehan prosentase nilai hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,70% untuk nilai pengetahuan dan keterampilan siswa meningkat sebesar 8,83 % sehingga pembelajaran dengan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

<p>Alvionita Widayanti 1 , I Nyoman Sudana Degeng 2, S. U. 3. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RANGKUMAN DAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV. <em>Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian Dan Pengembangan</em>, <em>2</em>.</p><p>Arikunto, S. (2019). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta:Bumi Aksara.</p><p>Asril, A. (2018). PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. <em>Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar</em>. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5344</p><p>Eryanti, I. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa. <em>Jurnal Pendidikan Matematika &amp; Matematika</em>.</p><p>Hamalik, O. (2006). <em>Proses Belajar Mengajar</em>. Bandung¯:Bumi Aksara.</p><p>Ibnu Badar Al-Tabany, T. (2017). <em>Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual</em>. Jakarta¯:Kencana.</p><p>Palil, N. (2018). <em>Sekolah tanpa PR 4 Model Pembelajaran</em>. Surabaya¯:Madril Pustaka Production.</p><p>Suryani, S. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Dengan Strategi Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII-3 SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng Bireuen. <em>CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro</em>. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.309</p><p>Swardana, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. In <em>Jakarta: Elex Media Komputindo</em>.</p><p>Taniredja. (2010). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Bandung¯:Alphabeta.</p><p>Tony Buzan. (2008). Buku Pintar Mind Mapping. In <em>Jakarta: Gramedia Pustaka Umum</em>.</p><p>Wahyudi, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Peta Konsep dalam Pembelajaran Inquiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Bernalar Siswa Kelas XI. <em>Jurnal Pendidikan Sains</em>, <em>1</em>, 237242.</p><p>Wiyarsih, A., &amp; Sutiman. (2009). Pengaruh Peta Konsep terhadap Motivasi dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa SMA. <em>Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains</em>, <em>2</em>, 8188.</p><p>Yunita, L., Sofyan, A., &amp; Agung, S. (2014). Pemanfaatan Peta Konsep (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. <em>Edusains</em>, <em>VI</em>, 28.</p>

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Aristawati, I. V. (2020). EFFORTS TO IMPROVE THE RESULTS OF PHYSICS LEARNING WITH THE MIND MAPPING METHOD. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 5(2), 75–79. https://doi.org/10.26740/jppipa.v5n2.p75-79
Abstract views: 259 , PDF Downloads: 149