Moralitas Fanatisme Bonek Pelajar di Surabaya (Studi Kasus Penanaman Moral melalui Pendidikan Karakter di SMA Nurul Huda Surabaya)

Authors

  • Robert Tajuddin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v1n2.p71-80

Abstract

Kata Kunci: Bonek Pelajar, Moralitas, Fanatisme

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang moralitas fanatisme Bonek Pejalar di Surabaya dengan implementasi moralitas sebelum dan saat berada di dalam stadion mendukung Persebaya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif tentang penanaman moral melalui pendidikan karakter. Merujuk pada pendapat Thomas Lickona bahwa individu dapat disebut bermoral jika telah memiliki pengetahuan moral, perasaan bermoral, dan tindakan bermoral.

Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data pendukung didapat dari jurnal, buku, dan internet yang berhubungan dengan penanaman moral dan moralitas fanatisme Bonek Pelajar. Pada tahap observasi implementasi moralitas fanatisme, peneliti menjadi œsilent observer agar perilaku alamiah subjek penelitian nampak jelas.

Hasil penelitian berupa Bonek Pelajar setelah mempunyai bekal pengetahuan tentang perlunya moralitas, semua Bonek Pelajar selalu menjalankan ketertiban dengan baik. Namun beberapa dari Bonek Pelajar sesekali menyanyikan yel-yel rasis, dan satu dari enam subjek melakukan tindakan anarkis, maka perlu pendalaman moral lebih lanjut.

Published

2018-10-11

How to Cite

Tajuddin, R. (2018). Moralitas Fanatisme Bonek Pelajar di Surabaya (Studi Kasus Penanaman Moral melalui Pendidikan Karakter di SMA Nurul Huda Surabaya). The Indonesian Journal of Social Studies, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n2.p71-80

Issue

Section

Articles
Abstract views: 517 , PDF Downloads: 282