MEDITASI UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN DAN PERILAKU SOSIAL ( Studi Kasus di SMP Santa Maria Surabaya )

Authors

  • Martinus Ekonugroho

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v1n2.p118-129

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi perkembangan generasi muda saat ini, akan tetapi perlu disadari bahwa sekolah belum memberikan hasil yangmaksimal dalam mengembangkan karakter peserta didiknya. Hal ini menjadi sebuah keprihatinan manakala masyarakat dihadapkan pada penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada dunia pendidikan. Pendidikan karakter yang dijalankan oleh sekolah sebagai lembaga yang dipercaya untuk menjadikan generasi muda berkualitas senantiasa hanya terjebak pada masalah pelaksanann kurikulum semata. Sekolah belum memberikan penanaman akan kesadaran diri individu baik secara personal maupun social.

Kesadaran social perlu dibangun agar tercipta perilaku social generasi muda yang lebih baik lagi. Kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat yang benar-benar disadari secara kritis masih menjadi sebuah impian belaka. Sekolah baru mampu memberikan kesadaran mekanis manakala siswa sadar akan hak kewajibannya hanya dilingkungan sekolah saja saat ada guru dan aturan yang mengikat. Inilah yang menjadi sebuah keprihatinan bersama bahwa pendidikan karakter harus menyentuh pada kesadaran kritis yang akan membangun peserta didik menjadi generasi yang berkualitas.

Meditasi yang dijalankan di sekolah ini menjadi sebuah pola baru dalam pendidikan karakter peserta didiknya. Meditasi yang dilakukan membentuk sebuah paradigm baru dalam bertindak dan memaknai pribadi sebagai mahkluk ciptaan Tuhan yang bermartabat sehingga harus dijaga, harmonis dan saling membantu. Paradigma baru inilah yang menjadikan pemahaman individu tentang kesadaran dan perilaku social menjadi lebih baik. Perilaku ini yang akan dibawa dalam bermasyarakat sehingga ada atau tidak ada guru, atau system yang mengikat maka manusia akan semakin menyadari untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan nilai dan norma-norma yang sudah disepakti bersama.

Kata kunci: kesadaran social, perilaku social, konstruksi social, meditasi, pendidikan karakter

Published

2018-10-11

How to Cite

Ekonugroho, M. (2018). MEDITASI UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN DAN PERILAKU SOSIAL ( Studi Kasus di SMP Santa Maria Surabaya ). The Indonesian Journal of Social Studies, 1(2), 118–129. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n2.p118-129

Issue

Section

Articles
Abstract views: 610 , PDF Downloads: 441