MEDITASI UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN DAN PERILAKU SOSIAL ( Studi Kasus di SMP Santa Maria Surabaya )
DOI:
https://doi.org/10.26740/ijss.v1n2.p118-129Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi perkembangan generasi muda saat ini, akan tetapi perlu disadari bahwa sekolah belum memberikan hasil yangmaksimal dalam mengembangkan karakter peserta didiknya. Hal ini menjadi sebuah keprihatinan manakala masyarakat dihadapkan pada penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada dunia pendidikan. Pendidikan karakter yang dijalankan oleh sekolah sebagai lembaga yang dipercaya untuk menjadikan generasi muda berkualitas senantiasa hanya terjebak pada masalah pelaksanann kurikulum semata. Sekolah belum memberikan penanaman akan kesadaran diri individu baik secara personal maupun social.
Kesadaran social perlu dibangun agar tercipta perilaku social generasi muda yang lebih baik lagi. Kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat yang benar-benar disadari secara kritis masih menjadi sebuah impian belaka. Sekolah baru mampu memberikan kesadaran mekanis manakala siswa sadar akan hak kewajibannya hanya dilingkungan sekolah saja saat ada guru dan aturan yang mengikat. Inilah yang menjadi sebuah keprihatinan bersama bahwa pendidikan karakter harus menyentuh pada kesadaran kritis yang akan membangun peserta didik menjadi generasi yang berkualitas.
Meditasi yang dijalankan di sekolah ini menjadi sebuah pola baru dalam pendidikan karakter peserta didiknya. Meditasi yang dilakukan membentuk sebuah paradigm baru dalam bertindak dan memaknai pribadi sebagai mahkluk ciptaan Tuhan yang bermartabat sehingga harus dijaga, harmonis dan saling membantu. Paradigma baru inilah yang menjadikan pemahaman individu tentang kesadaran dan perilaku social menjadi lebih baik. Perilaku ini yang akan dibawa dalam bermasyarakat sehingga ada atau tidak ada guru, atau system yang mengikat maka manusia akan semakin menyadari untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan nilai dan norma-norma yang sudah disepakti bersama.
Kata kunci: kesadaran social, perilaku social, konstruksi social, meditasi, pendidikan karakter
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).