Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning

Sucipto Sucipto

Abstract


Secara umum capaian ketrampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah dibanding negara lain. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir  tingkat  tinggi, pendidik dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang  mendukung  dan  menggunakan   strategi pembelajaran. Upaya meningkatkan ketrampilan berpikir peserta didik dapat dilakukan dengan meningkatkan ketrampilan metakognisinya. Ada berbagai jenis strategi metakognitif yang dapat dipilih pendidik, satu diantaranya menggunakan strategi pemecahan masalah (problem solving). Dalam proses pemecahan masalah, individu menggunakan kedua kemampuan kognitif dan keterampilan praktis, yang meliputi kegiatan metakognitif seperti analisis, sintesis dan evaluasi. Pembelajaran  berbasis masalah merupakan pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi siswa dalam situasi yang berorientasi pada masalah yang nyata, termasuk di dalamnya belajar bagaimana belajar.

Kata Kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, strategi metakognitif, pembelajaran berbasis masalah

 

In general, higher order thinking skills achievements of learners is still low compared to other countries. To develop higher order thinking skills, educators are required to create a learning atmosphere that supports and use learning strategies. Efforts to improve thinking skills that learners can do to improve metacognitive skills. There are different types of metacognitive strategies that can be selected educators, one of which uses problem solving strategies. In the process of solving problems, individuals using both cognitive abilities and practical skills, which include metacognitive activities such as analysis, synthesis and evaluation. Problem-based learning is an instructional approach used to stimulate students' higher order thinking in situations oriented real problems, including learning how to learn.

Keywords: higher order thinking skills, metacognitive strategies, problem based learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik)  E-ISSN : 2527-6891 Indexed by:

Address:
Ruang Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan
Gedung O-1 Lantai 2 Jalan Lidah Wetan Surabaya Postal Code 60213
Phone 031-7532160 Fax. 031-7532112
Homepage: http://fip.unesa.ac.id.
E-mail: tim.jurnal.fip@gmail.com

 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik)  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License