PERKEMBANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI

Penulis

  • Yulia Anjarwati Purbasari Universitas Airlangga
  • Wiwin Hendriani Hendriani Universitas Airlangga
  • Nono Hery Yoenanto Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p50-58

Kata Kunci:

Implementasi Inklusi, Pendidikan Inklusi, Tantangan Pendidikan

Abstrak

Studi  literatur  ini  bertujuan untuk  mengungkap  sejauh mana perkembangan implementasi sekolah inklusi di Indonesia . Artikel terpilih melalui penyaringan diambil dari E-Journal pendidikan, pendidikan inklusi,  dan jurnal psikologi dibawah kemenristekdikti dengan dibatasi tahun terbit 2011-2019. Pencarian  awal  ditemukan  140  jurnal  yang diseleksi  dengan  menerapkan  kriteria pendidikan  inklusi  Indonesia  dan  anak  berkebutuhan  khusus  sehingga  didapatkan  15  jurnal yang  terdiri  dari  jurnal  kualitatif  sebanyak  10  jurnal,  dan  mixed-  methods  sebanyak  1 jurnal, prosiding seminar nasional sebanyak 1 jurnal, dan 3 tesis skripsi . Berdasarkan review, ditemukan hasil penerapan pendidikan inklusi masih mengalami banyak tantangan dan hambatan.  Diantaranya dari segi kompetensi guru, sarana dan prasarana, modifikasi kurikulum untuk anak yang heterogen, evaluasi , keterlibatan orangtua, dan tingkat kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Hal tersebut, dapat menjadi acuan pemerintah untuk lebih memperhatikan lagi pendidikan inklusi sehingga dapat  memberikan hak pendidikan yang layak bagi setiap anak Indonesia.

 

Biografi Penulis

Yulia Anjarwati Purbasari, Universitas Airlangga

Magister Psikologi, Fakultas Psikologi

Wiwin Hendriani Hendriani, Universitas Airlangga

Magister Psikologi, Fakultas Psikologi

Nono Hery Yoenanto, Universitas Airlangga

Magister Psikologi, Fakultas Psikologi

Referensi

<p align="left">Amka, A. (2019). Pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus di Kalimantan Selatan.Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86. <a href="https://doi.org/10.24832/Jpnk.v4I1.1234">https://doi.org/10.24832/Jpnk.v4I1.1234</a></p><p align="left"> </p><p align="left">Andriyani,  W.  (2017).  Implementsi  pendidikan  inklusif  di  sekolah  dasar  taman muda ibu pawiyatan Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, Yogyakarta.</p><p align="left"> </p><p align="left">Anjarsari,  A.  D.,  Efendy,  M.,  &amp;  Sulthoni.  (2018).  Penyelenggaraan  pendidikan  inklusi  pada jenjang SD, SMP, dan SMA di kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(2), 091 104.</p><p align="left"> </p><p align="left">Aslan. (2017). Kurikulum bagi anak berkebutuhan khusus ( ABK ). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105119. <a href="https://doi.org/Aslan">https://doi.org/Aslan</a>.</p><p align="left"> </p><p align="left">Forlin,  C.  (2012).  Diversity  and  its  challengers.  In  future  directions  for  inclusive  teacher education: An International Perspective, edited by C. Forlin, 8392. Abingdon: Routledge.</p><p align="left"> </p><p align="left">Herviani, V. K., Istiana, I., Sasongko, T. B., &amp; Ramadhan, L. F. (2019). Evaluasi Peserta Didik Sekolah  Penyelenggara  Pendidikan  Inklusif  Di  Kota  Bontang.  JPI  (Jurnal  Pendidikan Inklusi), 1(2), 146. <a href="https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p146-153">https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p146-153</a></p><p align="left"> </p><p align="left">Hornby, G.            (2014).   Inclusive                Special Education.              In            Inclusive Special Education. <a href="https://doi.org/10.1007/978-1-4939-1483-8">https://doi.org/10.1007/978-1-4939-1483-8</a></p><p align="left"> </p><p align="left">Indriaswati,  I.  (2019,  November).  Ayo  dukung  percepatan  pendataan  siswa  penyandang disabilitas  di  sekolah  inklusf,  Kementrian  Pendidikan  dan  Kebudayaan.  Diunduh  darihttps://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/ayo-dukung-percepatan-pendataan- siswa-penyandang-disabilitas-di-sekolah-inklusif tanggal 27 November 2019.</p><p align="left"> </p><p align="left">Kadir,  A.  (2015).  Penyelenggaraan  sekolah  inklusi  di  Indonesia.  Jurnal  Pendidikan  Agama Islam, 03(1), 1622.</p><p align="left"> </p><p align="left">Kantavong,  P.  (2017).  Understanding  inclusive  education  practices  in  schools  under  local government  jurisdiction:  a  study  of Khon  Kaen  Municipality  in Thailand.  International Journal of Inclusive Education, DOI: 10.1080/13603116.2017.1412509.</p><p align="left"> </p><p align="left">Kustawan, Dedy &amp; Budi Hermawan. (2013). Model Implementasi Pendidikan Inklusi Ramah Anak. Jakarta: TP Luxima Metro Media.</p><p align="left"> </p><p align="left">Mastuti, D. (2014). Kesiapan Taman Kanak-Kanak dalam penyelenggaraan kelas inklusi dilihat program kegiatan pembelajaran. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1).</p><p align="left"> </p><p align="left">Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., &amp; Sunarno, S. (2018). Konsep dan praktik pendidikan inklusi di sekolah   alam   Ramadhani   Kediri.   Indigenous:   Jurnal   Ilmiah   Psikologi,   3(1),   1522. <a href="https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5743">https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5743</a></p><p align="left"> </p><p align="left">Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus¯: Tanggapan terhadap tantangan   kedepannya.   Prosiding   Seminar   Nasional   Pendidikan   œMeretas   Sukses Publikasi     Ilmiah     Bidang     Pendidikan     Jurnal     Bereputasi,     November,     237242. <a href="http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/download/7725/5551">http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/download/7725/5551</a></p><p align="left"> </p><p align="left">Putri, A. A., &amp; Ajisuksmo, C. R. . (2019). Gambaran kompetensi pengajar di Yayasan Wahana Inklusif IndonesiaG. Jurnal Pendidikan Inklusi, 2(2), 059064.</p><p align="left"> </p><p align="left">Rahim, A. (2016). Pendidikan inklusif sebagai strategi dalam mewujudkan pendidikan untuk semua. Trihayu:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 6871.</p><p align="left"> </p><p align="left">Sahidi,  A.  (2016).  Penyelenggaraanpendidikan  inklusi  (  Studi  Kasus  Di  SMP  Al  Irsyad  Al Islamiyyah Purwokerto ).Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.</p><p align="left"> </p><p align="left">Sulistianingsih,  Y.  R.  (2017).  survei  penyelenggaraansekolah  dasar  inklusi  di  wilayah  kota Yogyakarta. <a href="https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004">https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004</a></p><p align="left"> </p><p align="left">Sharma,  U.,  Loreman,  T.  &amp;  Forlin,  C.  (2012).  Measuring  teacher  efficacy  to  implement inclusive practices. Journal of Research in Special Educational Needs 12(1),1221.</p><p align="left"> </p><p align="left">Sharma, U., C. Forlin, J. Deppeler, and G. X. Yang. (2013). Reforming teacher education for inclusion in developing countries in the Asia Pacific Region. Asian Journal of Inclusive Education 1(1), 316.</p><p align="left"> </p>Sunanto, J., &amp; Hidayat. (2016). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jassi Anakku, 17(1), 4755.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-20

Cara Mengutip

Purbasari, Y. A., Hendriani, W. H., & Yoenanto, N. H. (2022). PERKEMBANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(1), 50–58. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p50-58
Abstract views: 1971 , PDF Downloads: 3428