Pengembangan Buku Suplemen Teks Negosiasi Bermuatan Kearifan Lokal Timor dengan Pendekatan Content Language Integrative Learning

Authors

  • Maria Rosalinda Talan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p24-33

Keywords:

pengembangan buku suplemen teks negosiasi, kearifan lokal Timor, CLIL

Abstract

Berdasarkan observasi awal pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan hasil yang belum maksimal karena belum mengkonkretkan kehidupan sosial budaya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya menggunakan buku teks yang bersifat global sehingga kurang mewakili masalah yang nyata bagi peserta didik di Timor. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik pasif dalam pembelajaran karena tidak ada kesesuaian kehidupan peserta didik dengan materi pelajaran yang terdapat dalam buku tersebut. Dengan demikian, perlu adanya pengembangan buku suplemen teks negosiasi bermuatan kearifan lokal Timor dengan pendekatan Content Language Integrative Learning (CLIL) untuk menutup kesenjangan antara apa yang terjadi dan apa yang diharapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Timor. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan buku suplemen teks negosiasi bermuatan kearifan lokal Timor dengan pendekatan CLIL dan mendeskripsikan kualitas pengembangan buku suplemen teks negosiasi bermuatan kearifan lokal Timor dengan pendekatan CLIL. Proses pengembangan menggunakan model Four-D yang diadaptasi sesuai kebutuhan menjadi tahap pendefinisisan (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan kualitas buku suplemen pada aspek kevalidan berkategori sangat layak, aspek kepraktisan buku suplemen berkategori sangat praktis, dan aspek keefektifan buku suplemen berkategori sangat efektif. Dengan demikian, buku suplemen teks negosiasi yang bermuatan kearifan lokal Timor dengan pendekatan CLIL yang dikembangkan ini berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi guru dan peserta didik di Timor.

Abstract

Based on preliminary observation Indonesian Language learning showed that the result has not been maximized because it has not concocted the social life of the learners in the learning activities. Teachers only use textbooks is global so that less representative of the real problems for learners in Timor. This results in passive learners in learning because there is no suitability of life of learners with the subject matter contained in the book. Thus, it is necessary to develop a
supplementary book negotiation text containing local wisdom of Timor using Content Language Integrative Learning (CLIL) Approachapproach to close the gap between what is happening and what is expected in Indonesian language learning in Timor. The purpose of this study aims to describe 1) the development process of supplementary book negotiation text containing local wisdom of Timor using Content Language Integrative Learning Approach and 2) the quality of the
supplementary book negotiation text containing local wisdom using Content Language Integrative Learning Approach. The development process using Four-D model adapted as needed to define, design, and development. The results of this research and development show the quality of supplement book on the validity aspects categorize very feasible, practical aspects of book supplement categorized very practical, and the effectiveness aspects of book supplement
categorized very effective. Thus, supplementary book negotiation text containing local wisdom of Timor using Content Language Integrative Learning Approach developed are of high quality so that they can be used as a companion book for the Indonesian language learning of teachers and learners in Timor.

References

Coyle, D., 2008. CLIL”A pedagogical approach from the European perspective. In Encyclopedia of language and education. Springer, pp. 12001214.

Gagne, R.M. & Briggs, L.J., 1974. Principles of instructional design., Holt, Rinehart & Winston.

Kemendikbud, 2014. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, 2015. Bahasa Indonesia.(Buku Siswa), Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK), Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun, 2014. Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Marsh, D. et al., 2012. European framework for CLIL teacher education.

Nieveen, N. et al., 1999. Design approaches and tools in education and training. Dordrecht: ICO Cluwer academic publisher.

Rothwell, W.J. & Kazanas, H.C., 2011. Mastering the instructional design process: A systematic approach, John Wiley & Sons.

Rusman, D. & Pd, M., 2012. Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Trianto, M.P., 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-10-13

How to Cite

Talan, M. R. (2018). Pengembangan Buku Suplemen Teks Negosiasi Bermuatan Kearifan Lokal Timor dengan Pendekatan Content Language Integrative Learning. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p24-33
Abstract views: 962 , PDF Downloads: 850