Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA

Authors

  • Izzatul Hasanah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sarwanto Sarwanto Sebelas Maret University
  • Mohammad Masykuri Sebelas Maret University

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p38-44

Keywords:

Modul Fisika, ADDIE, project based learning, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul fisika suhu dan kalor berbasis project based learning dan mengetahui efektivitas modul fisika suhu dan kalor berbasis project based learning. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Merupakan penelitian deskriptif dengan mengembangkan suatu produk berupa modul pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor berbasis project based learning. Langkah pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika divalidasi oleh validator ahli dan peer reviewer. Berdasarkan hasil validasi oleh validator materi memberikan nilai 2,9 dengan kategori baik, validator media 3,6 berkategori sangat baik, validator pembelajaran 3,0 berkategori baik dan validator bahasa 3,8 berkategori sangat baik.  Dan hasil validasi peer reviewer memberikan nilai 2,9 dengan kategori baik. Hasil uji pakai user yaitu siswa kelas X MIA MA Al Islam Surakarta memberikan nilai 3,6 dengan kategori sangat baik.  Sehingga menunjukkan bahwa modul fisika berbasis project based learning pada materi suhu dan kalor layak digunakan dan modul fisika dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa secara efektif. Untuk penilaian aspek kognitif terbukti dari n-gain nilai hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa. Keterampilan proses sains indikator observasi mempunyai gain 0,5 dengan kategori sedang, interpretasi 0,4 berkategori rendah, merencanakan eksperimen 0,7 berkategori tinggi, prediksi 0,5 berkategori sedang, aplikasi 0,5 berkategori sedang, evaluasi 0,8 berkategori tinggi. Kemampuan berpikir kritis indikator mensintesis mempunyai gain 0,5 berkategori sedang, menganalisis 0,9 berkategori sangat tinggi, mengenal masalah 0,6 berkategori sedang, memecahkan masalah 0,6 berkategori sedang, menyimpulkan 0,5 berkategori sedang, mengevaluasi 0,8 berkategori tinggi. Untuk penilaian aspek keterampilan kelompok 1 dengan nilai 3,33 dengan kategori sangat berhasil, kelompok 2 dengan nilai 3,56 dengan kategori sangat berhasil, kelompok 3 dengan nilai 3,44 dengan kategori sangat berhasil. Untuk penilaian aspek sikap rata-rata keseluruhan siswa berskor 3,2 dengan kategori baik.

Abstract

Research carried out aims to determine the feasibility of physics module temperature and heat-based project-based learning and examine the effectiveness of physics module temperature and heat-based project-based learning. This study included research and development (Research and Development). Is a descriptive study to develop a product in the form of physics learning module on material temperature and heat-based project-based learning. Step ADDIE development model. The results showed that the physics module validator validated by experts and peer reviewers. Based on the results of validation by the validator material provides good value to the category 2.9, 3.6 media validator excellent category, validator well categorized and learning 3.0 3.8 language validators very good category. And peer validation results give a value of 2.9 with either category. The test results that the user use the class X MIA MA Al Islam Surakarta give a value of 3.6 with a very good category. Thus indicating that the module is a physics-based project-based learning on the temperature and heat decent material used and the physical modules can enhance science process skills and critical thinking abilities of students effectively. For the assessment of cognitive aspects evident from a then-gain value of the evaluations that have been done by the students. Science process skills of observation indicator have a gain of 0.5 with a category, the interpretation of low category 0.4, 0.7 high category planned experiment, the prediction was 0.5 categories, medium category 0.5 application, evaluation 0.8 high categories. Critical thinking skills to synthesize indicators having moderate gain of 0.5 categories, analyzing the 0.9 categories is very high, recognize the problem category were 0.6, 0.6 category troubleshoot medium category were concluded 0.5, 0.8 evaluating high category, For the assessment of skills aspects of group 1 with a value of 3.33 with a very successful category, group 2 with a value of 3.56 with a very successful category, group 3 with a value of 3.44 with a very successful category. For the assessment aspect of the overall average attitude of students a value of 3.2 with either category.

Author Biography

Izzatul Hasanah, Universitas Sebelas Maret Surakarta

mahasiswa

S2

Pendidikan Sains

References

Balitbangdikbud. (2009). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdikbud

BSNP. (2008). Pengembangan Penilaian. Jakarta. Depdikbud.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdikbud

Giancoli, D. (2004). Fisika DasarJilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
G
uo, S, et Al. (2012). Project Based Learning an Effective Approach to Link Teacher Profesional Development and Students Learning. Journal of Educatonal Technology Development and Exchange.

Molenda, H, et al. (1993). Instructional Media. New York: Mac Milan
Publishing Company.

Buffa, et al. (1997). College PhysicsThird Edition. Prentice-Hall, Inc. Simon & Schuster/ A Viacom Company Upper Saddle River, New Jersey.

Depdikbud. (2013). Pengantar Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Meltzer, D.E. (2001). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible œHidden Variablein Diagnostic Pretest Scores. Department of Physics and Astronomy, Lowa State University, Ames, Lowa 50011.Am. J. Phys. 70 (12).

Pribadi, BA. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Kiong, T, et al. (2011). The Development And Evaluation Of The Qualitis Of Buzan Mid Mapping Module. Procedia Social and Behavioral Sciences. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Tipler, P.A, et al. (2008). Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics Sixth Edition.New York : W.H Freeman and Company

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta, Bumi Aksara.

Yance, RD. (2013). Pengaruh Penerapan model Project Based learning terhadap Hasil Belajar Fisika. Pillar of Physics Education.

Downloads

Published

2018-10-13

How to Cite

Hasanah, I., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(1), 38–44. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p38-44
Abstract views: 3411 , PDF Downloads: 2229 , PDF Downloads: 0