Pemilihan Produk Batik Tulis menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process
Studi pada Konsumen Batik Tulis di Madiun
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v10n3.p960-970Kata Kunci:
Selection of written batik products;, motifs;, colors;, prices;, types of fabrics;, AHP methodAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria yang digunakan untuk menentukan urutan prioritas dalam penilaian dan pemilihan produk batik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli batik dari Madiun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini jumlah populasi tidak diketahui sehingga sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 60 responden yaitu konsumen yang membeli batik dari Madiun. Lokasi penelitian ini berada di kawasan Paguyuban Koperasi Batik Kharismatik Sejahtera (PKBKS) Kota Madiun. Variabel penelitian ini adalah beberapa kriteria pemilihan batik yang terdiri dari motif batik, warna batik, harga batik, dan jenis kain batik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Dalam hal ini pengisian kuesioner pembobotan ini, dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran berupa semantic differential oleh Osgood. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan batik Madiun yang dihasilkan oleh UMKM di Kota Madiun adalah kriteria harga. Prioritas kedua yang penting adalah kriteria warna. Prioritas ketiga adalah jenis kain, sedangkan prioritas terakhir adalah kriteria motif. Berdasarkan kriteria warna, batik porang menempati prioritas pertama. Kemudian batik Madiun terbaik pada kriteria harga adalah batik Porang. Pada kriteria motif dan jenis kain, batik khas Madiun yang paling bagus adalah Kenongo.
Referensi
Astutiningsih, S. e. (2015). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Batik di Tulungagung. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 11(2), 78-92.
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan Usaha Mikro Kota Madiun. (2018). Sosialisasi Dukungan Penyediaan Permodalan bagi Koperasi dan Pelaku Usaha Mikro. Retrieved from DPMPTSPKUM Madiun Kota: http://dpmptspkum.madiunkota.go.id/, diakses tanggal 5 Januari 2022.
Fewidarto, P. D. (1996). Proses Hirarki Analitik (Analytical Hierarchy Process). Materi pada Kursus Singkat Teknologi Industri Pertanian, Program Pascasarjana, IPB. Bogor: IPB.
Harto, D. B. (2010). Fungsi Batik Masih bisa Diothak-Athik: Sebuah Tawaran Revitalisasi Batik untuk Film Animasi Khas Indonesia. Makalah Pendamping Seminar Nasional "Revitalisasi Batik melalui Dunia Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Jatim Antara. (2017). Perajin Batik Madiun Ingin Jadi Destinasi Wisata. Retrieved from Jatim Antaranews: https://jatim.antaranews.com/berita/206448/perajin-batik-madiun-ingin-jadi-destinasi-wisata, diakses tanggal 8 Januari 2022
Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Market an Introducing. England: Pearson Education.
Kurniasih, R. (2018). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk Batik Tulis Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), 20(1), 1-12.
Lestari, R. B. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk UKM Palembang (Studi Kasus Produk Baju Batik Khas Palembang). Jurnal Manajemen STIE Multi Data Palembang.5(9),1-20.
Luhita, T., Kurniasih, & Wulandari, S. Z. (2017). Analisis Perilaku Pembelian Produk Batik Tulis Banyumas. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers "Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII".17-18
Mahmud, F. (2014). Pecinta Batik Indonesia Bangga Yogyakarta Raih Kota Batik Dunia. Retrieved November 26, 2019, from http://liputan6.com/amp/2122885/pecinta-batik-indonesiabangga-yogyakarta-raih-kota-batik-dunia, diakses tanggal 8 Januari 2022
Mardiansyah, I., Hartini, S., & Budiawan, W. (2014). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Supplier Batik Menggunakan Algoritma Analytical Process (AHP). Jurnal Teknik Industri Undip, 3(2), 1-14.
Newswire. (2019). Madiun Terus Berupaya Kembangkan Batik. Retrieved from Surabaya Bisnis: https://surabaya.bisnis.com/read/20191003/532/1155259/madiun-terus-berupaya-kembangkan-batik, diakses tanggal 8 Januari 2022
Nugraha, M. A., & Sudiarso, A. (2017). Analisis Pemilihan Produk Batik Tulis Terbaik Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2009). Ekonomi Mikro. Jakarta: Penerbit Indeks.
Putri, D. O., Maryam, S., & Widayanti, R. (2019). Analisis Perbedaan Keputusan Pembelian, Motivasi, dan Persepsi Produk Batik antara Konsumen Pria dan Wanita di Surakarta. Majalah Ilmiah Solusi, 17(3), 251-261.
Radar Madiun. (2019). Apa Saja Kendala Perajin Industri Batik di Kota Madiun? Ini Penjelasannya. Retrieved from Radarmadiun.com: http://radarmadiun.co.id/apa-saja-kendala-perajin-industri-batik-di-kota-madiun-ini-penjelasannya/, diakses tanggal 8 Januari 2022
Saaty, T. L. (1993). Pengambilan Keputusan bagi Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Jakarta: Pustaka Binama Pressindo.
Soekiman, S., Handini, S., & Gustaman, I. U. (2018). Pengembangan Model Pelatihan Manajemen dan Pemberdayaan Koperasi dalam Rangka Meningkatkan Pengelolaan serta UMKM di Jawa Timur. Surabaya: Universitas Dr. Soetomo Surabaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

