Perancangan Rekomendasi Lagu Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor

Main Article Content

Axell Thomas
Ricky Candra
Halim Agung

Abstract

Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan bermacam macam alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dalam memberikan rekomendasi Lagu ini terdapat beberapa algorima yang dapat digunakan salah satunya adalah menggunkan KNN K-Nearest Neighbor. Algoritma KNN sendiri merupakan metode untuk melakukan klasifikasi terhadap suatu data, akan tetapi sekarang KNN sudah dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi serta pendukung keputusan. Prinsip dari algorima ini adalah mencari nilai similarity dan dengan proses perhitungan untuk mendapat hasil semirip mungkin dengan hasil data training. Semakin mirip data testing dengan data traning akan semakin akurat proses perhitungannya. Pada system rekomendasi lagu, KNN digunakan untuk memberikan rekomendasi yang paling sesuai dengan inputan pengguna dan kemudian di bandingkan dengan data yang ada di database, melalui perhitungan bobot bobot yang telah diberikan. Pada hasil output akan di tampilkan hasil yang telah di hitung oleh aplikasi kepada pengguna.hasil berupa lagu yang telah di ilih sesuai data yang di isi pengguna

Article Details

Section
Articles

References

Mulyono, U. (2012). Pendidikan nilai luhur melalui tembang (lagu) dolanan anak. Selonding, 1(1).

Cung, A. A., Denyanto, D., & Tinaliah, T. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Jenisjenis Genre dan Alat Musik Modern.

Defiyanti, Sofi., 2015. Integrasi Metode Klasifikasi dan Clustering dalam Data Mining, Konferensi Nasional Informatika 2015, https://www.researchgate.net/publication/314266899_ Integrasi_Metode_Klasifikasi_Dan_Clustering_dalam_Data_Mining,

Prasetyo, E. 2012. Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Liantoni, F. (2015). Klasifikasi Daun Dengan Perbaikan Fitur Citra Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor. ULTIMA Computing, 7(2).