KDSI: Pengembangan Kamus Digital Signalong Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Anak Dengan Hambatan Komunikasi

Authors

  • Fi Jannatin Aliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Khofidotur Rofiah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p43-57

Keywords:

Komunikasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Kamus Digital, Signalong Indonesia.

Abstract

Abstrak

Komunikasi digunakan seseorang untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Namun tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik, beberapa mengalami gangguan berkomunikasi karena berbagai faktor. Beberapa anak berkebutuhan khusus juga mengalami hambatan dalam berkomunikasi, seperti anak tunarungu, anak tunagrahita, dan anak autis. Signalong Indonesia dapat dijadikan sebagai alternatif metode komunikasi yang dapat digunakan oleh siapapun, bukan hanya untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research & Development) yang bertujuan untuk mengembangkan kamus digital Signalong Indonesia berbasis multimedia interaktif yang dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6 yang disesuaikan dengan kamus Signalong Indonesia yang sudah ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk validasi materi dan media yang divalidasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 93% dan hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 81%. Berdasarkan hasil validasi materi dan media, kamus digital Signalong Indonesia masuk dalam kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Komunikasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Kamus Digital, Signalong Indonesia.


Abstract

Communication is used by someone to adapt and interact with their environment. But not everyone can communicate well, some experience communication problems due to various factors. In this case, some children with special needs also experience obstacles in communication, such as deaf children, mentally retarded children, and children with autism. Signalong Indonesia can be used as an alternative method of communication that can be used by anyone, not just for children with special needs. This research is an R&D research that aims to develop Signalong Indonesia's digital dictionary based on interactive multimedia created using Adobe Flash Professional CS6 software that is adapted to the existing Signalong Indonesian dictionary. This study uses a data collection technique in the form of a questionnaire for the validation of material and media validated by material experts and media experts. The results of validation from material experts obtained a percentage of 93% and the results of media validation obtained a percentage of 81%. From the results of the material and media validation, Signalong Indonesia's digital dictionary is included in the very good criteria.

Keyword: Communication, Children with Special Needs, Digital Dictionary, Signalong Indonesia.

 

Author Biographies

Fi Jannatin Aliyah, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Khofidotur Rofiah, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa

References

<p>Atmaja, Jati Rinakri. 2018. <em>Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus</em>. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.</p><p>Apriyanto, Nunung. 2012. <em>Seluk-Beluk Tunagrahita &amp; Strategi Pembelajarannya</em>. Yogyakarta: JAVALITERA.</p><p>Arfe B., Rossi, C., Sicoli, S. 2017. œThe Contribution of Verbal Working Memory to Deaf Children;s Oral and Written Production. <em>Journal of Deaf Studies and Deaf Education</em>.  2015. Vol. 20 (3): 203214. DOI:10.1093/deafed/env005</p><p>Arikunto, Suharsimi. 2014. <em>Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik</em>. Jakarta: PT. Rineka Cipta.</p><p>Aziz, Safrudin. 2014. <em>Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustaka Difabel.</em> Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Blose, Zandile M., Joseph, Lavanithum N. 2017. œThe reality of every day communication for a deaf child using sign language in a developing country. <em>African Health Sciences</em>. Vol. 17 (4): 1149-1159. DOI:10.4314/ahs.v17i4.24</p><p>Boham, Sicillya E. 2013. œPola Komunikasi Orangtua dengan Anak Autis. <em>Jurnal Vol. 2</em> (4)</p><p>Budiyanto, Kieron Sheehy, Helen Kaye, Khofidotur Rofiah. 2018. œDeveloping Signalong Indonesia: issues of happiness and pedagogy, training, and stigmatization. <em>International Journal of Inclusive Education</em>. Vol. 22 (5): 543-559. DOI:10.30958/aje.7-1-4</p><p>Christie, P., Newson, E., Prevezer, W., &amp; Chandler, S. 2009. <em>First Steps in Intervention with Your Child with Autism</em>. Diterjemahkan oleh: Yana Shanti Manipuspika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.</p><p>Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. <em>Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus</em>. Yogyakarta: Psikosain.</p><p>Hermawan, Iwan. 2019. <em>Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Method</em>. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.</p><p>Meranti, Tanti. 2014. <em>Psikologi Anak Autis</em>. Yogyakarta: Familia.</p><p>Mudjito, Rofiah, Khofidatur, Kholidya, Citra Fitri. 2019. œMr. Mustache and Friends: A Song Animation Video Development Based on Signalong Indonesia. <em>Advances in Social Science, Education and Humanities Research</em><em> (SosSHEC 2019)</em>. Vol. 380: 241-244. DOI:10.2991/soshec-19.2019.53</p><p>Mulyatiningsih, Endang. 2012. <em>Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Munir. 2015. <em>Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Nida, Fatma Laili Khoirun. 2013. œKomunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. <em>At-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam</em>. Vol. 1 (2): 163-189. DOI:10.21043/at-tabsyir.v1i2.431</p><p>Rutherford, M. &amp; Johnston, L. 2019. <em>An Autism Evidence Based Practice Toolkit for use with the SCERTSâ„¢ Assessment and Planning Framework</em>. National Autism Implementation Team.</p><p>Setyawan, Dhoni Indras, Tolle, Herman, &amp; Kharisma, Agi Putra. 2018. œPerancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu. <em>Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer</em>. Vol. 2 (8): 2933-2943. e-ISSN: 2548-964X.</p><p>Signalong Indonesia Team. 2019. <a href="https://signalongindonesia.org">https://signalongindonesia.org</a></p><p>Smith, J. David. 1998. <em>Inclusion, School for All Students</em>. Diterjemahkan oleh: Denis dan Enrica. 2015. <em>Sekolah Untuk Semua</em>. Bandung: Nuansa Cendekia.</p><p>Sudana, Antonius Aris. 2013. <em>Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus</em>. Yogyakarta: Familia.</p><p>Sugiyono. 2017. <em>Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,</em><em> </em><em>dan R&amp;D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>The Signalong Group. 2012. œ<em>Signalong</em>.v  http://www.signalong.org.uk</p><p> </p><p>Wati, Ega Rima. 2016. <em>Ragam Media Pembelajaran</em>. Kata Pena.</p><p>Wati, Gadi Mulia. 2012. œOutbound Management Training Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. <em>Educational Psychology Journal</em>. Vol. 1 (1): 68-74. e-ISSN: 2252-634X.</p>

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Aliyah, F. J., & Rofiah, K. (2020). KDSI: Pengembangan Kamus Digital Signalong Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Anak Dengan Hambatan Komunikasi. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 43–57. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p43-57

Issue

Section

Articles
Abstract View: 259