Modification of Puzzle Play as Mathematical Learning Media in Lightweight Mental Retardation Children

Authors

  • Zaini Sudarto Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Budi Sasongko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p117-128

Keywords:

mental retardation, puzzle, media, mathematic

Abstract

Abstrak

Masalah pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang hingga kini masih perlu dipecahkan adalah keberadaan perangkat pembelajaran, dalam hal ini media pembelajaran yang dapat berfungsi sebagai pengantar informasi yang optimal. Terutama untuk ABK, terutama anak-anak dengan keterbelakangan mental yang memiliki hambatan psikologis, intelektual, dan sosial. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan beberapa guru dan Kepala Sekolah SLB-C Siti Hajar, Kec. Kabupaten Buduran. Sidoarjo, ada cukup banyak media pembelajaran yang tersedia di Institut, tetapi fungsi media tidak dapat dimanfaatkan secara optimal untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. sisi lain adalah kurangnya kreativitas guru kelas dalam menyiapkan media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Berdasarkan hal tersebut di atas, Tim Pengembangan Unip FIP PLB bekerja sama dengan Kepala Sekolah SLB-C Siti Hajar, melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada tahun ajaran 2016-2017. Bentuk kegiatan ini adalah mengadakan pelatihan (workshop) untuk staf pengajar di SLB-C Siti Hajar dalam membuat media pembelajaran yang cocok untuk siswa berkebutuhan khusus. untuk menjadwalkan pelaksanaan kegiatan setiap hari Jumat dan Sabtu. Tema pelatihan (workshop) adalah membuat "Modifikasi Game Teka-Teki sebagai media pembelajaran matematika untuk Anak-anak dengan Cacat Perkembangan Ringan di SLB-C Siti Hajar Sidoarjo". Dengan tujuan utama adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan guru kelas dalam membuat media pembelajaran yang memiliki relevansi dari siswa mereka di SLB-C Siti Hajar di Buduran Kabupaten Sidoarjo.


Abstract

The problem of education for Children with Special Needs which until now still needs to be solved is the existence of a learning device, in this case a learning media that can function as an optimal introduction of information. Especially for ABK especially mentally retarded children who have psychological, intellectual, and social barriers. Based on observations and interviews with several teachers and the Principal of SLB-C Siti Hajar, Kec. Buduran Regency. Sidoarjo, there are quite a lot of learning media available at the Institute, but the function of the media cannot be utilized optimally for children with special needs. the other side is the lack of class teacher creativity in preparing media that is appropriate to the characteristics of the students. Based on the foregoing, the PLB FIP Unesa Development Team cooperated with SLB-C School Principal Siti Hajar, through community service activities in the 2016-2017 school year. The form of these activities is to carry out training (workshops) for teaching staff at SLB-C Siti Hajar in making learning media that is suitable for students with special needs. to schedule the implementation of activities every Friday and Saturday. The theme of the training (workshop) is to make "Modification of Puzzle Games as a medium for learning mathematics for Children with Light Developmental Disabilities in SLB-C Siti Hajar Sidoarjo". With the main objective is to increase the interest and ability of class teachers in making learning media that has relevance from their students in SLB-C Siti Hajar in Buduran Kabupaten Sidoarjo.



References

<p>Afwan, Zulmiyetri, and Yarmis Hasan. 2013. Efektifitas Penggunaan Media Puzzle Rumah Angka Untuk Pemahaman Angka 1 Sampai 10 Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II/C Di SLB Amal Bhakti Kec. 2x11 Enam Lingkung. <em>Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus</em> 2(3)</p>
<p>Amin, Moh. 1995. <em>Orthopedagogik Anak Tunagrahita</em>. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.</p>
<p>Arsyad, Ashar. 2004. <em>Media pembelajaran</em>.jakarta:PT.Raja Grafindo Persada</p>
<p>Basori, Evre Rejesman, and Gunawan Gunawan. 2018. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 di SD Inklusi Glagahwero 01. <em>SPEED Journal: Journal of Special Education</em> 1(2): 1-5.</p>
<p>Fung, Chun-Ip, and Dichen Wang. 2019. Teaching mathematics to students with intellectual disability: What support do teachers need?. <em>Eleventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education</em>. No. 04. Freudenthal Group; Freudenthal Institute; ERME.</p>
<p>Kamim, Muhammad. 2012. <em>Peningkatan kemampuan penjumlahan bilangan bulat 1 sampai 10 melalui media puzzle pada anak tunagrahita sedang kelas IV di SLB Darul Ulum Jombang</em>: Universitas Negeri Surabaya.</p>
<p>Lantuheru John D. 1988. <em>Media Pembelajaran dalam proses Belajar Mengajar Masa kini</em>, Jakarta : Depdik Bud.</p>
<p>Rahardja, djadja., Sujarwanto. 2010. <em>Pengantar Pendidikan Luar Biasa</em>, Universitas Negeri Surabaya.</p>
<p>Siti, Kholifah, et al. 2018. Effect of Play Therapy With Puzzle On The Level Concentrations of Mental Retardation Children In SLB C Ruhui Rahayu Samarinda. <em>The 9th International Nursing Conference: Nurses at The Forefront in Transforming Care, Science, and Research</em>, 07-08 April 2018, Surabaya.</p>
<p>Sugiyono. 2010. <em>Metode Penelitian Kuantitatuf Kualitatif dan R&amp;D</em>. Bandung:ALPHABETA</p>
<p>Tan, Paulo, et al. 2019. A disability studies in mathematics education review of intellectual disabilities: Directions for future inquiry and practice. <em>The Journal of Mathematical Behavior</em>, <em>5</em>(4)</p>
<p>Vancleave&rsquo;s janice.2003.<em>Matematika Untuk Anak</em>. Bandung : Pakar jaya.</p>
<p>Yusuf, Munawir. 2012. <em>Modul PLPG Model, Media,</em> <em>, dan Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa. </em>Surakarta.</p>

Downloads

Published

2020-04-27

How to Cite

Sudarto, Z., & Sasongko, T. B. (2020). Modification of Puzzle Play as Mathematical Learning Media in Lightweight Mental Retardation Children. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 117–128. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p117-128

Issue

Section

Articles
Abstract views: 563 , PDF Downloads: 552