Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p102-116

Keywords:

Talent, Students with Special Needs, Inclusive Madrasas, Bakat, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Madrasah inklusi

Abstract

Talent is a special ability possessed by someone, is no exception to Students with Special Needs (PDBK). The talent that is in PDBK should be identified early so that the learning program it gets is right on target following its talents and abilities. Through appropriate learning and services, it is expected that talent development as a provision for the future of PDBK can run optimally. This study aims to identify the talent of PDBK in MI NW Tanak Beak, Narmada District, West Lombok Regency. The main problem in this research is to explain whether all of the PDBK have been identified as talents and also identify what talents are in themselves PDBK. The subjects in this study were GDPK, amounting to 54 people. The approach used in this research is descriptive qualitative. The research phase consists of data collection, data analysis and concluding. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. Data analysis is performed together with data collection in the field. The data that has been collected is then presented in the form of a table or diagram and then described. Based on the results of research, most of the GDPK talent has not been identified. PDBK whose talent has been identified is in the high class, whereas for the low class the talent has not been identified. Most PDBK have talents in sports, art, and a small proportion have logical-mathematical, linguistic and recitational talents.

 

Abstrak

Bakat merupakan kemampuan spesial yang dimiliki seseorang, tidak terkecuali dengan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Bakat yang terdapat pada PDBK seharusnya dapat terindentifikasi sejak dini agar program pembelajaran yang didapatkannya tepat sasaran sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Melalui pembelajaran dan layanan yang tepat diharapkan pengembangan bakat sebagai bekal masa depan PDBK dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakat dari PDBK di MI NW Tanak Beak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Masalah utama dalam penelitian ini adalah menjelaskan apakah semua PDBK telah teridentifikasi bakatnya dan juga mengidentifikasi bakat apa saja yang ada pada diri PDBK. Subyek dalam penelitian ini adalah PDBK yang berjumlah 54 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tahap penelitian terdiri dari pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan. Data yang telah terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel atau diagram kemudian dideskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar dari PDBK belum teridentifikasi bakatnya. PDBK yang telah teridentifikasi bakatnya berada di kelas tinggi, sedangkan untuk kelas rendah belum teridentifikasi bakatnya. Sebagian besar PDBK mempunyai bakat dibidang olahraga, seni prakarya, dan sebagian kecil mempunyai bakat logis matematis, linguistik dan tilawah.

 

References

<p align="justify">Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. <em>JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi)</em>, <em>1</em>(2), 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Dewi, K., Suryana, J., &amp; Widnyana, I. G. N. (2016). Proses pengajaran mewarnai di SLB-C Negeri Singaraja. <em>Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha</em>, <em>6</em>(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpsp.v6i1.8658.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Hermanto, H., Wiyono, B. B., Imron, A., &amp; Arifin, I. (2016). Analisis potensi dan masalah pada fase konseptualisasi pengembangan model supervisi pembelajaran di sekolah dasar inklusi. <em>JKP (Jurnal Pendidikan Khusus)</em>, <em>12</em>(1), 1430. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.12836.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Hersi, M. S. M. S. (2016). <em>The Identification Process &amp; Tools for Gifted and Talented Students</em> (The British University in Dubai). Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/95e9/90bed8a61a2f8c00f9284c3af8fb906b70e4.pdf.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Kamaludin, A. (2015). Identifikasi media pembelajaran Kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu pada SMA/MA inklusi di Yogyakarta. <em>INKLUSI</em>, <em>2</em>(2), 259. https://doi.org/10.14421/ijds.2205.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Kurniawati, F. (2018). Konstruksi Alat Ukur Interaksi Guru-Siswa di Sekolah Dasar Inklusif. <em>INKLUSI</em>, <em>5</em>(1), 1. https://doi.org/10.14421/ijds.050101.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Lestari, F. (2017). Metode guru BK dalam mengatasi problem penyesuaian diri pada anak berkebutuhan khusus. <em>INKLUSI</em>, <em>2</em>(2), 273. https://doi.org/10.14421/ijds.2206.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Mardini, S. (2015). Increasing interest in learning children with special needs model through regular class pull out State Elementary School of Giwangan Yogyakarta. <em>Jurnal.Uad.Ac.Id</em>, <em>2</em>(1). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/71287-ID-meningkatkan-minat-belajar-anak-berkebut.pdf.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Nofiani, E. (2016). Pembinaan minat dan bakat Peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) (Studi deskrpitif di sekolah dasar inklusi). In P. N. Prihatin, E. D. Mayasari, &amp; J. D. Sinaga (Eds.), <em>PROSIDING SEMINAR NASIONAL REFORMING PEDAGOGY</em> (pp. 914). Retrieved from https://www.usd.ac.id/seminar/snrp2016/wp-content/uploads/2017/01/SNRP02.pdf.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Nuryetty, M. T. (2011). Kesulitan fungsional penduduk Indonesia. In <em>Badan Pusat Statistik</em>. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Republik Indonesia. <em>Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa</em>. , Pub. L. No. 70 (2009).</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Rofiah, N. H. (2015). Proses identifikasi: Mengenal anak kesulitan belajar tipe disleksia bagi guru sekolah dasar inklusi. <em>INKLUSI</em>, <em>2</em>(1), 109. https://doi.org/10.14421/ijds.020110</p><p align="justify">Slater, E. (2018). The identification of gifted children in Australia: The importance of policy. <em>TalentEd</em>, <em>30</em>(1), 1. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Eileen_Slater/publication/322419883.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Sulthon, S. (2019). Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. <em>INKLUSI</em>, <em>6</em>(1), 151. https://doi.org/10.14421/ijds.060107.</p><p align="justify"> </p><p align="justify"> </p><p align="justify">Suminar, R. E. (2015). Identifikasi kemudahan penyandang difabilitas dalam melakukan pergerakan dengan menggunakan moda transportasi. <em>INKLUSI</em>, <em>2</em>(1), 155. https://doi.org/10.14421/ijds.020107.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Tanjung, B. S., &amp; Iswari, M. (2019). Dukungan orangtua terhadap prestasi anak tunanetra di Sekolah Inklusi. <em>JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi)</em>, <em>3</em>(1), 40. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p40-47.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Tichá, R., Abery, B., Johnstone, C., Poghosyan, A., &amp; Hunt, P. (2018). <em>Inclusive Education Strategies: A Textbook</em>. Retrieved from https://www.unicef.org/armenia/media/3501/file/Inclusive education strategies_Textbook_2018.pdf.</p><p align="justify"> </p><p align="justify">Yaum, L. A., &amp; Mais, A. (2017). Pelaksanaan lesson study identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus dalam setting pendidikan inklusif untuk anak usia dini pada guru PAUD di Kabupaten Jember. <em>Pendidikan Dan Humaniora (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Sosial)</em>, <em>57</em>(1), 7885. Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/54705132/Artikel_Lailil_20171.pdf?</p><p align="justify"> </p>

Downloads

Published

2020-04-27

How to Cite

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 102–116. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p102-116

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2218 , PDF Downloads: 6088