Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91Keywords:
parent perspectives, disability, inclusive educationAbstract
Perspektif adalah cara berpikir dan sikap tertentu tentang sesuatu, kemampuan untuk berpikir tentang masalah dan keputusan dengan cara yang masuk akal tanpa membesar-besarkan minat mereka, dalam penelitian ini yaitu tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah inklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif orang tua terhadap ABK di sekolah inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui tinjauan literatur sistematis dengan menggunakan artikel yang diperoleh secara online dari 2 database, yaitu Scopus, dan Taylor & Francis Online. Terdapat 9 artikel yang memenuhi kriteria dan hasil studi literatur sistematis ini menunjukkan bahwa secara umum orang tua memiliki perspektif positif dan mendukung keberadaan sekolah inklusif. Meskipun demikian, orang tua juga memperhatikan beberapa hal dalam proses penerapan pendidikan inklusif yang dikelompokkan ke dalam empat tema utama, yaitu sekolah, komunitas, pemerintah, dan keluarga. Tema-tema ini mewakili keprihatinan, keprihatinan, pengalaman, dan saran orang tua selama berselisih dengan Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah inklusif.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.