EVALUASI PESERTA DIDIK SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BONTANG

Authors

  • Vivi Kurnia Herviani Universitas Negeri Surabaya
  • Istiana Istiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Budi Sasongko Universitas Negeri Surabaya
  • Lingga Fajar Ramadhan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p146-153

Keywords:

Peserta Didik, Sekolah Pilotting Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tenaga pendidik dan sarana prasarana sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Kota Bontang berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Direktorat PKLK Tahun 2011 dan Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi dilapangan. Subyek dan lokasi penelitian dilakukan di tiga sekolah pilotting pendidikan inklusif di Kota Bontang. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh di lapangan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi menyatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Bontang, pada aspek jenis ketunaan peserta didik yang diterima di sekolah, sistem penerimaan peserta didik, dan proses identifikasi dan asesmen peserta didik sebagian besar sudah sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Direktorat PKLK Tahun 2011 dan Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif. Namun untuk jenis ketunaan  peserta didik yang diterima disekolah masih kurang beragam, karena peserta didik yang diterima kebanyakan tuna grahita, kesulitan belajar dan lamban belajar.

Author Biographies

Vivi Kurnia Herviani, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Istiana Istiana, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Tri Budi Sasongko, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Lingga Fajar Ramadhan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

<p>Abdulrahman, Mulyono. (2002). <em>Landasan Pendidikan Inklusif dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan LPTK</em>. Makalah disajikan dalam pelatihan penulisan buku ajar bagi dosen jurusan PLB yang dilaksanakan oleh Ditjen Dikti, Yogyakarta, 26 Agustus.</p><p> </p><p>Afifuddin &amp; Beni Ahmad Saebani. (2012). <em>Metodologi Penelitian Kualitatif. </em>Bandung: CV Pustaka Setia.</p><p> </p><p>Arikunto, Suharsimi. (2013). <em>Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. </em>Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.</p><p> </p><p> </p><p>Bungin, Burhan. (2005). <em>Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. </em>Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.</p><p> </p><p>Dakir. (2004). <em>Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum</em>. Jakarta : PT. Rineka Cipta.</p><p> </p><p>Direktorat PLB. (2004). <em>Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi (Mengenal Pendidikan Terpadu). </em>Jakarta: Depdiknas.</p><p> </p><p>Mudjito, dkk. (2012). <em>Pendidikan Inklusif : Tuntunan Guru, Sisa dan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus dan Layanan Khusus. </em>Jakarta: Baduose Media.</p><p> </p><p>Odas. (2015). <em>Evaluasi Pelaksanaan Tugas Guru Kelas Inklusi di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Surabaya </em>(Tesis yang tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya.</p><p> </p><p>Olivia, Stella. (2017). <em>Pendidikan Inklusi untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus. </em>Yogyakarta: Penerbit Andi.</p><p> </p><p>Smith, J. David ed. Mohammad Sugiarmin, Mif Baihaqi. (2006). <em>Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua</em>. Bandung: Nuansa.</p><p> </p><p>Sugiyono. (2015). <em>Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D</em>. Bandung : Penerbit Alfabeta.</p><p> </p><p>Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). <em>Metode Penelitian Pendidikan</em>. Bandung: PT Remaja Rosdakarya</p>

Downloads

Published

2019-05-14

How to Cite

Herviani, V. K., Istiana, I., Sasongko, T. B., & Ramadhan, L. F. (2019). EVALUASI PESERTA DIDIK SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BONTANG. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 146–153. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p146-153

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2173 , PDF Downloads: 2101