SOFTWARE DETEKSI ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT AND HYPERACTIVE DISORDER) BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK) DI SEKOLAH PENYELENGGARA INKLUSI

Authors

  • Khofidotur Rofiah, S.Pd., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya
  • dr. Febrita Ardianingsih, M.Si. Universitas Negeri Surabaya
  • Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes. Universitas Negeri Surabaya
  • Fairus Niratama Universitas Negeri Surabaya
  • Berliana Septi Dwi Nugraheni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p154-160

Abstract

Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) adalah suatu kelainan medis yang dapat dikenali dan memiliki ciri tersendiri yang cenderung merupakan keturunan. Secara umum ada tiga jenis perilaku yang dikaitkan dengan kelainan ini, yaitu : sikap kurang memperhatikan sekeliling (inattentiveness) atau mudah terganggu (distractibility/hyperactivity), dan sikap menurutkan kata hati (impulsiveness). Pengabdian masyarakat yang dilakukan memiliki target untuk meningkatkan pengetahuan guru pembimbing khusus tentang konsep dasar ADHD bagi guru-guru pembimbing khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif serta meningkatkan keterampilan guru pembimbing khusus penggunaan software deteksi ADHD bagi guru-guru pembimbing khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.

Dengan menggunakan metode pretes dan postes, diharapkan mitra yang bekerjasama mengalami peningkatan baik pengetahuan tentang ADHD maupun keterampilan penggunaan software untuk mendeteksi anak ADHD. Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi deteksi anak ADHD ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Oktober 2017.  Subjek dalam kegiatan ini adalah Guru Khusus di sekolah luar biasa (SLB) yang ada di Surabaya sebanyak 20 orang terdiri atas tiga SLB, yaitu SLB Al Falah, SLB .Kegiatan ini bertempat di Kampus PLB, Gedung O6 Lidah Wetan Unesa.

Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah adanya peningkatan skor post test dibandingkan skor pretest terkait pengetahuan guru tentang karakteristik dan penanganan anak ADHD sejumlah 83.5 % dengan rincian peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada materi Karakteristik anak ADHD 80.35%, materi Identifikasi dan asesmen anak ADHD 82.45%, materi Perbedaan ADHD dan autis 87.33%, dan materi Penggunaan software deteksi ADHD 83.48%.

Author Biographies

Khofidotur Rofiah, S.Pd., M.Pd., Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

dr. Febrita Ardianingsih, M.Si., Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes., Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Fairus Niratama, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Berliana Septi Dwi Nugraheni, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Abikoff, H. y Gittelman, R. 1983 Academic cognitive training and stimulants in hyperactivity: a pilot study, Paper presented at the annual meeting of The American Psychological Association, Abaheim, C.A.
Abikoff, H. y Gittelman, R. 1985 Hyperactive children treated with stimulants: Is cognitive training a useful adjunct, Archives General Psychiatry, 11, 953-961
American Psychiatric Association 1994: Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 4th ed. Washington DC: American Psychiatric Association.
American Psychiatric Association. 2000. Diagnostic and statistical manual of mental disorders 4th ed., text revision. Washington, DC: Author.
Arlinkasari, F. 2011 Intervensi peningkatan management perilaku pada remaja dengan menggunakan strategi kognitif perilaku. Tesis. Depok: Fakultas psikologi Universitas Indonesia
Bandura, A. 1969. Principles of behavior modification. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Barkey, R.A. 1990 attention deficit hyperactivity disorder: a handbook for diagnosis and treatment. New York: Guildford Press
Barkley A R. 1998 Attention Deficit Hyperactivity Disorder, 2nd Ed, New York, The Guilford Press, Cicchetti D, Cohen DJ. New York, Wiley, pp 243273
Barkley R, Copeland A, Sivage C. 1980 A self-control classroom for Hyperactive Children. J Autism Devel Dis;10:7589.
Barkley, R. A. 1990b. Comprehensive Evaluation Of Attention Deficit Disorder With And Without Hyperactivity As Defined By Research Criteria. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 58, 775-789.
Barkley, R. A. 1997. Behavioral Inhibition, Sustained Attention, And Executive Functions: Constructing A Unifying Theory of ADHD. Psychological Bulletin, 121:1, 65-94.
Beck AT 1976. Cognitive Therapy And The Emotional Disorders. International Universities Press, New York., ISBN 9780823609901, 356 p.
Bradley, R., Greene, J., Russ, E., Dutra, L., & Westen, D. 2005. A multidimen¬sional meta-analysis of psychotherapy for PTSD. American Journal of Psychiatry, 162, 214227.
Komputer, Wahana, (2006), Panduan Lengkap Menguasai Pemrograman Web dengan PHP 5, Andi., Yogyakarta.
Kusrini, (2008), Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Andi., Yogyakarta.
Raharjo, Budi, (2011), Modul Pemrograman WEB, HTML, PHP, dan MYSQL, Modula., Bandung.

Downloads

Published

2019-05-14

How to Cite

Rofiah, S.Pd., M.Pd., K., Ardianingsih, M.Si., dr. F., Mahmudah, M.Kes., D. H. S., Niratama, F., & Nugraheni, B. S. D. (2019). SOFTWARE DETEKSI ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT AND HYPERACTIVE DISORDER) BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK) DI SEKOLAH PENYELENGGARA INKLUSI. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 154–160. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p154-160

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1561 , PDF Downloads: 2579