PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER TEACHING PADA MATA KULIAH TERAPI OKUPASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PRODI. PENDIDIKAN LUAR BIASA IKIP PGRI JEMBER

Authors

  • Pratiwi Ngayunungtyas Adi IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p109-116

Keywords:

Strategi Peer Teaching, Terapi Okupasi, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Abstract

            Strategi perkuliahan dengan metode konvesional menyebabkan sebagian mahasiswa berkebutuhan khusus kesulitan dalam mengikuti perkuliahan. Salah satu perkuliahan yang ditempuh oleh mahasiswa prodi pendidikan luar biasa adalah terapi okupasi untuk ABK. Mata kuliah terapi okupasi membahas tentang konsep terapi okupasi, konsep sensori integrasi, pengenalan alat okupasi, aktifitas-aktifitas terapi okupasi, pembuatan media terapi okupasi, pembuatan program terapi okupasi dan simulasi terapi okupasi. Capaian pembelajaran mata kuliah terapi okupasi untuk ABK adalah mahasiswa mampu menerapkan terapi okupasi dan sensori integrasi di sekolah. Dalam mencapai capaian pembelajaran diperlukan inovasi strategi yang kooperatif.   Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran  peer teaching pada mata kuliah terapi okupasi terhadap hasil belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Prodi Pendidikan Luar Biasa IKIP PGRI Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subyek yang digunakan dalam penelitan ini adalah 5 mahasiswa berkebutuhan khusus (mahasiswa tuna netra). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa berkebutuhan khusus dalam mengikuti perkuliahan terapi okupasi untuk ABK. Penelitian dilakukan di IKIP PGRI Jember. Mahasiswa berkebutuhan khusus mempelajari alat okupasi melalui teman sebayanya.      Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh penerapan strategi pembelajaran peer teaching pada mata kuliah terapi okupasi terhadap hasil belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Prodi Pedidikan Luar Biasa  IKIP PGRI Jember. Kesimpulan yang dapat diperoleh pada penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran peer teaching pada mata kuliah terapi okupasi terhadap hasil belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Prodi Pendidikan Luar Biasa IKIP PGRI Jember.

 

Kata Kunci : Strategi Peer Teaching, Terapi Okupasi, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Author Biography

Pratiwi Ngayunungtyas Adi, IKIP PGRI Jember

Pendidikan Luar Biasa

References

Muchyidin Arif, Kartika Iis. 2014. Perbandingan pemahaman Matematika Siswa Antara Kelas Yang Menggunakan Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Metode Peer Teaching Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar.

Hardianto. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Kampus Univesitas Pasir Pengaraian: UPP Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Purwoko Hadi (2007). Komunikasi Aktif Bagi Tunanetra: Aktifitas Dalam Pembelajaran Pada Sistem Pendidikan Inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Adi, P. N. (2019). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER TEACHING PADA MATA KULIAH TERAPI OKUPASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PRODI. PENDIDIKAN LUAR BIASA IKIP PGRI JEMBER. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 109–116. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p109-116

Issue

Section

Articles
Abstract views: 659 , PDF Downloads: 603