PELAKSANAAN KEPENGAWASAN MELALUI METODE SUPERVISI TIDAK LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN LEADERSHIP 3.0 PADA SEKOLAH KHUSUS ( BEST PRACTICES )
DOI:
https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p117-128Keywords:
Strategi supervise tidak langsung, Leardership 3.0Abstract
Penyelenggaraan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga. Masing-masing memiliki peran yang sangat besar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan. Dalam melakukan tugas pokoknya seorang pengawas harus melakukan pembinaan, pemantauan dan penilaian penyelenggaraan pendidikan pada sekolah binaannya baik negeri maupun swasta yang menjadi tanggung jawabnya dengan melalui supervisi langsung maupun tidak langsung. Best practice ini dengan judul Strategi Pelayanan Kepengawasan Melalui Metode Supervisi Tidak Langsung Dengan Pendekatan Leadership 3.0 Untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Pendidikan Khusus. Studi Kasus Layanan Kepengawasan Pendidikan Khusus Di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur Tahun 2013/2017, dengan rumusan permasalahan bagaimana strategi pelayanan kepengawasan melalui Metode supervise tidak langsung dengan pendekatan Leadership 3.0 studi kasus layanan Kepengawasan Pendidikan Khusus dapat meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Khusus.
Dari hasil best practices yang penulis lakukan bahwa dari jumlah 43 sekolah jenjang sekolah dari TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB baik swasta maupun negeri dinyatakan 75 % berhasil dilakukan penilaian kinerja kepala sekolah melalui supervisi tidak langsung.
Dengan dilakukan pembinaan melalui pelayanan supervisi tidak langsung dan komunikasi secara efektif maka dapat dihasilkan adanya peningkatan pada sekolah TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.