Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan (Low Vision) Di Sekolah Dasar

Authors

  • Innayatul Khaeroh Universitas Negeri Jakarta
  • Fela Advelia Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Rosyid Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p11-21

Keywords:

pendidikan inklusif, low vision

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengalaman sukses guru dalam melaksanakan pendidikan untuk siswa dengan hambatan penglihatan (low vision) di sekolah inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif inquiri. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar umum di DKI Jakarta yang memiliki satu siswa dengan hambatan penglihatan (low vision). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada guru pendidikan khusus (GPK) yang telah bekerja di sekolah tersebut selama 15 tahun. Ada tiga fokus utama yang diteliti, yaitu pengelolaan pembelajaran di kelas, penggunaan media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan inklusif untuk siswa low vision sudah cukup baik, baik dari segi media pembelajaran, proses kegiatan belajar mengajar, cara pemberian materi dari guru kepada siswa, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan.

Kata Kunci : pendidikan inklusif, low vision

 

Abstract

This study aims to describe the successful experiences of teachers in implementing education for students with low vision in inclusive schools. This study uses a qualitative approach with a narrative inquiry method. This study was conducted at one of the public elementary schools in DKI Jakarta which has one student with low vision. Data collection was carried out through in-depth interviews with special education teachers / guru pendamping khusus (GPK) who had worked at the school for 15 years. There are three main focuses that are studied, namely the management of learning in the classroom, the use of instructional media, and the assessment of learning outcomes. The results showed that the implementation of inclusive education for low vision students was good enough, in terms of instructional media, the process of teaching and learning activities, how to provide material from teachers to students, and evaluation of learning conducted.

Keywords : inclusive education, low vision

Author Biographies

Innayatul Khaeroh, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Khusus

Fela Advelia, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Khusus

Abdul Rosyid, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Khusus

Asep Supena, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Khusus

References

<div class="WordSection1"><p>Amrina, Fathia Nurul. 2019. Studi Deskriptif: Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunanetra Berdasarkan Penyebab Tunanetra, Kondisi Tunanetra, Usia Pernikahan, dan Pendidikan Terakhir. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.</p><p>Baharun, Hasan &amp; Awwaliyah, Robiatul. 2018. Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif Epistemologi Islam. <em>Jurnal Program Studi PGMI.</em> Vol 5 No 1, Maret.</p><p>Khairani, Mutia. 2016. Media Flashcard Braille Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunanetra.  <em>Jurnal Pendidikan Khusus.</em></p><p>Kurniawan, Iwan. 2015. Implementasi Pendidikan bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar Inklusi. <em>Jurnal Pendidikan Islam.</em> Vol 4 No 8.</p><p>Lamichhane, Kamal. 2016. Teaching Students with Visual Impairment in An Inclusive Educational Setting: A Case from Nepal. <em>International Journal of Iclusive Education.</em> DOI:10.1080/13603116.1184323.</p><p>Marufah, Asfif. 2014. Dampak Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya Tahun Pelajaran 2013/2014. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.</p><p>Netriwati &amp; Lena, Sri Mai. 2017. <em>Media Pembelajaran Matematika.</em> Bandar Lampung: Permata Net.</p><p>Ramadani, Irma Dewi. 2017. Layanan Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Low Vision Kelas V SD Muhammadiyah Bogor. <em>Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar</em><em>.</em> Edisi 9 Tahun Ke-6.</p><p>Rohani. 2019. <em>Media Pembelajaran.</em> Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera utara.</p><p>Saifullah, E.H., dkk. 2019. Sistem Elektronik untuk Refreshable Braille dengan Fitur Suara dan Integrasi dengan Android. <em>Jurnal Teknik ITS.</em> Vol 8 No 1.</p><p>Sidiq, Zulkifli. 2018<em>. </em>Pengoperasian Komputer Program JAWS (Job Acces With Speech) For Windows Oleh Peserta Didik Tunanetra<em>. Jurnal JASSI_anakku. </em>Vol 19 No 1.</p><p>Selfiany, Elsa., dkk. 2010. Pengaruh Penggunaan Alat Bantu Kertas Bergaris Tebal dan Meja Baca terhadap Kemampuan Menulis dan Membaca Siswa Low Vision. <em>Jurnal JASSI_Anakku.</em> Vol 9 No 2.</p><p>Triutari, Indah. 2014. Persepsi Mahasiswa Penyandang Disabilitas Tentang Sistem Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi. <em>Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. </em></p><p>Utama, Nelly. 2015. Pembelajaran Al-Quran pada Peserta Didik Tunanetra di SMPLB Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.</p></div>

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Khaeroh, I., Advelia, F., Rosyid, A., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan (Low Vision) Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 11–21. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p11-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3611 , PDF Downloads: 4072