Survei Tentang Penerapan Mata Kuliah Pendidikan Inklusi Pada Semua Program Studi di FKIP Unversitas Lambung Mangkurat

Authors

  • Husnul Istiqomah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p22-36

Keywords:

Pendidikan Inklusi, FKIP

Abstract

Abstrak :

Pendidikan inklusi mencerminkan pendidikan adalah hak semua anak. Ilmu Pendidikan inklusi atau sebidangnya menjadi pengaruh penting dalam pergerakannya pada Perguruan tinggi yang menjadi salah satu penentu kualitas Pendidikan Inklusi pada dunia pendidikan. Perguruan tinggi berperan untuk penentu kesiapan peserta didik menjadi calon masyarakat yang mempunyai kelebihan pada bidang ilmu pengetahuan. Adapun tujuan dari penelitian adalah melihat hasil bagaimana penerapan dari bekal mata kuliah pendidikan inklusi di FKIP, ULM dalam pemahaman, implementasi dan pemberian layanan pendidikan saat terjun menghadapi peserta didik anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk meng menjelaskan suatu penelitian yang hasilnya dapat digeneralisasikan dengan menggunakan metode survei. Hasil dari penerapan mata kuliah pendidikan inklusi pada seluruh program studi termasuk dalam kategori œSangat baik dengan presentase keseluruhan berjumlah 76,5%.

Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, FKIP

 

Abstract:

Inclusive education reflects education is the right of all children. Inclusive Education or its field has become an important influence in its movement on tertiary institutions which are one of the determinants of the quality of inclusive education in the world of education. Higher education has a role in determining the readiness of students to become prospective people who have advantages in the field of science. The purpose of this research is to see the results of how the application of inclusive education courses in FKIP, ULM in understanding, implementing and providing educational services when engaging students with special needs children. This study uses a quantitative approach to explain a study whose results can be generalized using survey methods. The results of the application of inclusive education courses in all study programs are included in the "Very Good" category with an overall percentage of 76.5%.

Keywords: Inclusive Education, FKIP

Author Biography

Husnul Istiqomah, Universitas Lambung Mangkurat

Pendidikan Khusus

References

<p>Amka, A. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Reguler. <em>Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School</em>, <em>1</em>(1), 1-12.</p><p align="right"> </p><p>Amka, A., &amp; Kusumastuti, D. E. 2019. The Level of Support For Successful Learning in Inclusive Primary School in Banjarmasin. <em>Journal of ICSAR</em>, <em>3</em>(2).</p><p> </p><p>Ariastuti, R., &amp; Herawati, V. D. 2016. Optimalisasi peran sekolah inklusi. <em>Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat</em>, <em>1</em>(1), 38-47.</p><p>Aziz, Y. 2011. Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. <em>Jurnal Sosial Humaniora</em>, <em>4</em>(2), 145-163.</p><p> </p><p>Bahri, S. 2017. Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. <em>Jurnal Ilmiah Islam Futura</em>, <em>11</em>(1), 15-34.</p><p> </p><p>Chanifah, N. 2015. Desain Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Umum. In <em>Seminar Nasional Riset Inovatif</em> (Vol. 3).</p><p>Dewi, N. K. 2017. Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk AUD. <em>Jurnal Pendidikan Anak</em>, <em>6</em>(1), 12-19.</p><p> </p><p>Hamzah, S. H. 2012. Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. <em>Dinamika Ilmu</em>, <em>12</em>(1).</p><p> </p><p>Hermanto, S. P. 2011. Penambahan Program Wajib Kokurikuler Sebagai Redesain Sistem Pendidikan Guru. <em>Makalah: FIP UNY</em>.</p><p>Hermanto, H. 2008. <em>Kemampuan guru dalam melakukan identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi</em>. Yogyakarta State University.</p><p>Harvey, M. W., Yssel, N., Bauserman, A. D., &amp; Merbler, J. B. 2008. Preservice Teacher Preparation for Inclusion. Remedial and Special Education, 31(1), 2433. doi:10.1177/0741932508324397</p><p>Hasanah, H. 2017. Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). <em>At-Taqaddum</em>, <em>8</em>(1), 21-46</p><p>Hapsari, P., &amp; Widhianningrum, P. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru. <em>Journal of Accounting and Business Education</em>, <em>2</em>(1).</p><p>Ilahi, Muhammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi: Konsep &amp; Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p> </p><p>Irvan, M. 2017. Pengetahuan mahasiswa pg-paud unipa surabaya tentang pendidikan inklusif. <em>Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</em>, <em>13</em>(24), 155-164.</p><p> </p><p>Jabar, C. S. A. Pendidikan Inklusif: Mungkinkah Mengambil Alih Peran Pendidikan Luar Biasa?.</p><p> </p><p>Johnsen B.H. &amp;Skjorten MD. 2003. Menuju Inklusi, Pendidikan Kebutuhan Khusus</p><p>Sebuah Pengantar. Bandung. Program Pasca Sarjana UPI Bandung.</p><p> </p><p>Kriyantono, Rakhmat. 2008. <em>Teknik praktis riset komunikasi</em>. Jakarta: Kencana Prenada Media Group</p><p> </p><p>Lazwardi, D. 2017. Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. <em>Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam</em>, <em>7</em>(1), 119-125.</p><p> </p><p>Lestari, E. Y., Sumarto, S., &amp; Isdaryanto, N. 2017. Pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas di kabupaten Semarang melalui implementasi convention on the rights of persons with disabillities (CPRD) dalam bidang pendidikan. <em>Integralistik</em>, <em>28</em>(1), 1-9.</p><p> </p><p>Maghfirah, M. 2018. Pendidikan Inklusi dan Perguruan Tinggi: Urgensi Penerapan Matakuliah Pendidikan Inklusi pada Semua Program Studi Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Vol. 13. No.1</p><p> </p><p>Matnuh, H. 2017. Perlindungan Hukum profesionalisme Guru. <em>Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan</em>, <em>7</em>(2), 46-50.</p><p> </p><p>Melania, M. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Tenaga Administratif Kampus 2 Stie Pancasetia. <em>Kindai</em>, <em>13</em>(1).</p><p> </p><p>Noor, I. H. 2010. Penelitian dan pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi. <em>Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan</em>, <em>16</em>(3), 285-297.</p><p> </p><p>Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., &amp; Ferdryansyah, M. 2016. Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Menghadapi ASEAN Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. <em>Share: Social Work Journal</em>, <em>6</em>(2), 197.</p><p> </p><p>Pratiwi, J. C. 2016. Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. <em>Prosiding Ilmu Pendidikan</em>, <em>1</em>(2).</p><p> </p><p>Purwandari. 2009. Pendidikan Inklusif: Masalah ketenagaan dan peran serta perguruan tinggi dalam penyelenggaraan sekolah inklusi. Universitas Negri Yogyakarta.</p><p> </p><p>Rahayu, S. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.</p><p> </p><p>Rahmat, A. S. 2014. Model Pengembangan Pendidikan Nilai Di Perguruan Tinggi.</p><p> </p><p>Saputra, A. 2016. Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusif. <em>Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini</em>, <em>1</em>(3), 1-15.</p><p> </p><p>Singarimbun, Masri. 2002. <em>Metode penelitian survei</em>. LP3S: Jakarta.</p><p> </p><p>Sugiyono. 2008. <em>Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r &amp; d</em>. Bandung: Penerbit Alfabeta.</p><p> </p><p>Sukinah. 2010. Manajemen Strategi Implementasi Pendidikan Inklusi. Vol.7. No.2. Nopember.</p><p> </p><p>Sukoco, F. 2010. Pengaruh pendidikan dan pelatihan, pembelajaran organisasi terhadap kinerja dengan kompetensi sebagai mediasi. <em>Jurnal Bisnis dan Ekonomi</em>, <em>17</em>(1).</p><p> </p><p>Sulistyorini, S. 2018. Resiliensi Aqidah Komponen Pendidikan dalam Rekonstruksi Eksistensi Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi. <em>Millah: Jurnal Studi Agama</em>, <em>17</em>(2), 155-176.</p><p> </p><p>Subagio, S. 2018. Identifikasi Kepedulian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fpmipa Ikip Mataram Terhadap Kebersihan Ruang Kuliah Dan Pengaruhnya Bagi Efetivitas Belajar. <em>Jurnal Ilmiah IKIP Mataram</em>, <em>5</em>(1), 13-17.</p><p> </p><p>Sembiring, E. B. 2015. Pengembangan Media Sosialisasi Etika Kampus Dalam Bentuk Animasi 2D. <em>Jurnal Teknomatika</em>, <em>7</em>(2), 17.</p><p> </p><p>Thohari, S. 2017. Pandangan Disabilitas dan Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas di Kota Malang. <em>IJDS: INDONESIAN JOURNAL OF DISABILITY STUDIES</em>, <em>1</em>(1).</p><p> </p><p>Utomo, U. 2013. Meluruskan Implementasi Pendidikan Inklusif.</p><p> </p><p>Utomo, U. 2015. Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Menempuh Pendidikan Tinggi.</p><p> </p><p>Utomo, U., &amp; Suratno, S. 2019. The Accessibility Analysis for The Special Needs Students in Lambung Mangkurat. <em>Journal of ICSAR</em>, <em>3</em>(2).</p><p> </p><p>Yuliawati, S. 2018. Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. <em>Jurnal Ilmiah Widya</em>, 218712.</p><p> </p><p>Yuwono, I. Membangun Nilai-Nilai Nasionalisme Melaluli Paradigma Pendidikan Inklusi. <em>Universitas Lambung Mangkurat</em>.</p><p> </p><p>Yuwono, I. 2017. Indikator Pendidikan Inklusif.</p><p> </p><p>Yuwono, I. 2015. Penerapan Identifikasi, Asesmen dan Pembelajaran pada Anak Autis Di Sekolah Dasar Inklusif. <em>JRR-Jurnal Rehabilitasi &amp; Remediasi</em>.</p><p> </p><p>Yuwono, I., Kamil, M., Rahardja, D., &amp; Abdu, W. J. 2017. The Effect of Guidance and Counseling Programs on the Lear Processes of Visually Impaired High School Students. <em>International Journal of Special Education</em>, <em>32</em>(4), 877-887.</p><p> </p><p>Yuwono, I. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Sd Di Kota Banjarmasin. <em>Universitas Lambung Mangkurat</em>.</p><p> </p><p>Yuwono, I. 2018. Evaluation of Curriculum Implementation and Curriculum Modifications in Inclusive Schools. In <em>1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018)</em>. Atlantis Press.</p><p> </p><p>Zakia, D. L. 2015. Guru Pembimbing Khusus (Gpk): Pilar Pendidikan Inklusi. <em>Prosiding Ilmu Pendidikan</em>, <em>1</em>(2).</p><p> </p>

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Istiqomah, H. (2020). Survei Tentang Penerapan Mata Kuliah Pendidikan Inklusi Pada Semua Program Studi di FKIP Unversitas Lambung Mangkurat. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 22–36. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p22-36

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1396 , PDF Downloads: 1009