Pengaruh Metode Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak Tunarungu Kelas XI SKB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Darah Sri Rohmahwati Universitas Sebelas Maret
  • Kumala Sari Universitas Sebelas Maret
  • Anggrellanggi Anggrellanggi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p58-65

Keywords:

Pengaruh, Metode Think Talk Write, Siswa tunarungu, Kemampuan pemecahan masalah matematika

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada anak tunarungu kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan sebanyak 8 orang siswa tunarungu dan menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes objektif pilihan ganda dan soal uraian.Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan perhitungan Aikens V. Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik penilaian konsistensi diantara para rater (interrater reliability). Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Pada analisis data menggunakan analisis wilcoxon sign rank test diperoleh Z hitung = -2.533 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau p = 0.011 yang berada dibawah taraf signifikansi (α) yang ditentukan yaitu 0,05 (5%). Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa metode ThinkTalk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak tunarungu kelas XI di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Think Talk Write, tunarungu, matematika

 

Abstract

This study aims to know the influence of the Think Talk Write (TTW) method toward mathematics problem-solving ability of deaf children of class XI.. This study used an experimental approach to the research design that is one group pretest-posttest design. The sample used in this study were 8 deaf and determined using a nonprobability sampling technique with a saturated sampling type. The data collection technique used a multiple-choice test and description questions. The instrument validity test used content validity with Aiken's V calculation. The instrument reliability test used a consistency assessment technique interrater reliability. The data analysis used the Wilcoxon Sign Rank Test. Analysis of the data in the Wilcoxon sign rank test obtained Z count = -23333 with Asymp values. Sig. (2-tailed) or p = 0.011 which is below the specified significance level (α) which is 0.05 (5%). In this study, it can be concluded that the Think Talk Write (TTW) method influences mathematics problem-solving ability of deaf children of class XI SLB Negeri Surakarta in academic year 2019/2020.

Keywords: Think Talk Write, deaf, mathematics

Author Biographies

Darah Sri Rohmahwati, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Luar Biasa

Kumala Sari, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Luar Biasa

Anggrellanggi Anggrellanggi, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Luar Biasa

References

<p>Amir, M.Z. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar . <em>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan</em>, hlm. 34-42. Sidoarjo: FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.</p><p align="left"> </p><p>Dewayani.D.A. (2016). Model Pembelajaran <em>Think Talk Write </em>(TTW<strong>) </strong>Terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswa Tunarungu. <em>Jurnal Pendidikan Khusus</em>, 1-6. Diperoleh 16 September 2019, dari <a href="http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/">http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id</a></p><p align="left"> </p><p>Haenudin. (2013). <em>Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu</em>. Bandung : PT Luxima Metro Media</p><p align="left"> </p><p>Huda, M. (2014). <em>Model Model Pengajaran dan Pembelajaran</em>. Yogyakarta: Pustaka Belajar</p><p align="left"> </p><p>Irawan.I.P.E., Suharta.I.G.P., Suparta.I.N.(2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan MasalahMatematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis . <em>Prosiding Seminar Nasional MIPA, </em>hlm. 69-73. Singaraja: Prodi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan.</p><p align="left"> </p><p>Nissa, I.C. (2015) . <em>Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek</em>.) Mataram : Duta Pustaka Ilmu</p><p align="left"> </p><p>Shoimin, Aris (2014). <em>68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013</em>.</p><p>Yogyakarta : Ar-Ruzz Media</p><p align="left"> </p><p>Sibuea, M.F.L. (2017). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. <em>Journal of Mathematics Education and </em>Science, 2 (2), 44- 45. Diperoleh 2 April</p><p>2019, dari <a href="https://jurnal.uisu.ac.id/">https://jurnal.uisu.ac.id</a></p><p align="left"> </p><p>Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi dalam Pemecahan Masalah Matematika. <em>Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education.</em>4(6), 358-369. Diperoleh  11                      November   2019,   dari <a href="http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/">http://idealmathedu.p4tkmatematika.org</a></p>

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Rohmahwati, D. S., Sari, K., & Anggrellanggi, A. (2020). Pengaruh Metode Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak Tunarungu Kelas XI SKB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 58–65. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p58-65

Issue

Section

Articles
Abstract views: 209 , PDF Downloads: 228